5 Pilihan Tempat Wisata di Jakarta Timur

5 Pilihan Tempat Wisata di Jakarta Timur

5 Pilihan Tempat Wisata di Jakarta Timur


Akhir pekan atau musim liburan adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Terlebih bagi Anda yang tinggal di Ibukota Jakarta yang setiap hari bergelut dengan kesibukan pekerjaan dan padatnya ibukota. Jika Anda ingin melakukan liburan, Kawasan Jakarta Timur mungkin bisa menjadi pilihan tempat wisata Anda di akhir pekan. Jangan salah dulu, meskipun masih di dalam Ibukota Jakarta, kawasan Jakarta Timur menyimpan beberapa objek wisaya yang masih asri, sejuk, jauh dari hiruk pikuk pekotaan dan tentunya menyenangkan. Jadi Anda perlu jauh-jauh ke luar kota seperti Bogor atau Jogja untuk menghabiskan waktu liburan Anda.  Hal ini, tentunya lebih efektif  dan efisien apalagi jika Anda tidak memiliki banyak waktu atau malas melakukan perjalanan jauh.

Berikut ini, nabil sudah merangkum 5 tempat wisata di Jakarta Timur  yang cocok untuk mengisi liburan Anda. Dengan berkunjung ke obyek wisata ini, liburan akan lebih murah karena Anda tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar kota. Selain itu, beberapa tempat wisata ini bersifat edukatif sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan liburan bersama keluarga dan anak-anak. Meski demikian, tempat-tempat ini juga bagus untuk segala usia sebagai tempat rekreasi.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)
taman mini indonesia indah, tempat wisata di jakarta timur, objek wisata di jakarta, museum unik, museum di tmii

Salah satu tempat wisata di Jakarta Timur yang paling populer adalah Taman Mini Indonesia Indah atau yang biasa dikenal dengan sebutan TMII. TMII merupakan sebuah tempat wisata di Jakarta yang bertemakan Kebudayaan Indonesia. Di taman seluas 150 hektar ini, pengunjung bisa menikmati berbagai kebudayaan seperti rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia tanpa harus berkeliling Indonesia. Tidak hanya rumah adat saja, tarian, pakaian, hingga ikon-ikon khas berbagai daerah pun ada di sini.

Selain menampilkan berbagai item budaya, di TMII juga terdapat berbagai museum dengan tema-tema tertentu, diantaranya museum bertema transportasi, olahraga, listrik, seranggam, reptil dan sebagainya. Bagi Anda yang ingin mencari suasana berbeda, TMII juga mempunyai sarana rekreasi seperti istana Anak-anak Indonesia, teater keong mas, snowbay waterpark, kereta gantung, dan masih banyak lagi. Meski letak TMII di Jakarta, Anda tidak perlu khawatir karena udara di sini cukup sejuk dengan adanya pohon-pohon rindang dan beberapa taman berbagai tema, mulai dari taman kaktus, taman anggrek, taman budaya, tionghoa, hingga taman yang berbentuk miniatur Indonesia.

Karena taman ini begitu komplit, tak heran jika TMII menjadi salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi masyarakat Jakarta. Tidak hanya dari dalam kota Jakarta saja, dari luar kota bahkan mancanegara banyak yang berkunjung ke Taman Mini Indonesia indah.

Kota Wisata Cibubur
tempat wisata di jakarta timur, kota wisata cibubur, chinatown cibubur, bangunan cina, kampung china

Kota Wisata Cibubur merupakan sebuah komplek perumahan yang terbagi menjadi beberapa kampung dengan berbagai ciri khas dan keunikan masing-masing. Kampung-kampung yang ada di kota wisata ini antara lain kampung Cina, Kampung Indonesia, Kampung jepang, Kampung Amerika, dan Kampung Eropa. Namun dari kampung-kampung tersebut, yang paling terkenal dan ramai dikunjungi adalah kampung Cina. Kampung Cina di Kota Wisata Cibubur tidak jauh beda dengan Chinatown yang ada di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

Kampung Cina sangat ramai pengunjung terutama saat menjelang hari raya imlek atau tahun baru cina. Saat berada di kampung cina, Anda bisa merasakan nuansa seperti berada di negeri tirai bambu dengan fasilitas hiburan yang unik. Selain melihat-lihat bangunan dan aktifitas di kampung ini, pengunjung bisa berbelanja berbagai barang khas Cina dengan harga murah sebagai oleh-oleh.


Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur

Bumi Perkemahan dan Graha Wisata, tempat wisata di jakarta timur, objek wisata di jakarta, lokasi perkemahan di jakarta, danau di buperta

Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur merupakan salah satu alternatif tempat wisata di sekitar Jakarta timur yang bisa jadi pilihan liburan Anda dan keluarga. Area seluas 210 hektar ini sebelumnya adalah sebuah perkebunan karet. Namun kini, telah dijadikan sebagai tempat wisata yang sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan outdoor. Tempat ini dipilih sebagian orang karena memiliki topografi tinggi rendah, landai dan berbukit, sedikit hutan, udara yang sejuk dan segar, serta lingkungan yang hijau dan masih alami dengan pemandangan yang indah. Ditunjang dengan lokasi yang sangat strategis, yaitu di piggir tol Jagorawi Km 13, pintu keluar tol Cibubur, hanya 8 Km dari TMII dan Terminal Kampung Rambutan.

Fasilitas di Buperta juga cukup lengkap dengan tersedianya fasilitas kegiatan seperti paintball, kolam renang, pemancingan, permandian, penyewaan ala-alat, tenda, dan sebagainya. Untuk melakukan perkemahan, pengunjung cukup membayar biaya penyewaan lokasi sebesar Rp. 10.000 per malam. Tapi, bagi yang tidak ingin berkemah, di Buperta juga tersedia tempat penginapan berupa wisma yang bisa Anda sewa.


Istana Susu Cibugary

Cibubur Garden Dairy, tempat wisata di jakarta, wisata susu cibubur, peternakan sapi perah, wisata agro sapi perah, ibjek wisata di jakarta, tempat wisata edukatif

Kawasan wisata Istana Susu Cibugary (Cibubur Garden Diary) adalah suatu kawasan agro peternakan sapi perah bernuansa kebun/taman yang sangat cocok untuk anak-anak. Sesuai namanya, kawasan ini terletak di Cibubur, tepatnya di Pondok Ranggon Cipayung, tidak jauh dari Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur. Cibugary bisa menjadi salah satu pilihat tempat wisata di Jakarta Timur yang edukatif dan depan menunjang program peningkatan pendidikan sekolah serta gizi anak bangsa.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Cibugary antara lain, pengenalan dunia peternakan sapi, manfaat susu, memerah susu sapi, proses pasca panen susu, hingga pengenalan budidaya ternak sapi. Meskipun tempat ini dikhususkan untuk rombongan anak sekolah (mulai TK hingga mahasiswa) pada hari senin sampai jumat, namun tempat ini juga bisa dikunjungi oleh masyarakat umum pada hari sabtu dan minggu. Berbagai fasilitas pun telah disediakan di sana seperti tempat bermain anak-anak maupun saung yang nyaman untuk tempat beristirahat.


Telaga Arwana Cibubur (TAC)

tempat wisata di jakarta timur, telaga warna cibubur, saung di kolam, gubuk di danau, wisata edukatif,

Telaga Arwana merupakan sebuah taman wisata dan edukatif yang berada di Jalan Jambore, Cibubur. Lokasinya yang agak ke dalam, membuat tempat wisata di Jakarta Timur ini kurang dikenal dan jarang dikunjungi wisatawan. Namun sebenarnya, tempat ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga yang menyenangkan dan murah.

Beberapa fasilitas yang disediakan di TAC untuk memberikan pengalaman wisata edukatif yang menyenangkan antara lain kolam renang, motor ATV, water park, bungee trampoline, paintball, saung berman untuk anak, saung sawah, kebun obat-obatan, hingga aktifitas edukatif seperti menanam padi dan bajak sawah dengan kerbau. Tersedia pula wahana outbound seperti flying fox dengan panjang 150 meter. Bagi Anda yang suka memancing, Telaga Arwana Cibubur juga memiliki tempat pemancingan yang bernama Galatama, lengkap dengan toko umpan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.


Itulah beberapa tempat wisata di Jakarta Timur yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mengisi liburan akhir pekan Anda bersama keluarga. Jika Anda memiliki waktu yang agak senggang, cobalah untuk mengunjungi kota-kota disekitar Jakarta yang terkenal dengan tempat wisatanya seperti Bogor. Jika Anda khawatir dengan padatnya Kota Bogor saat musim liburan tiba, Anda juga mengunjungi Yogyakarta yang juga tidak terlalu jauh dari Jakarta. Ada banyak sekali pilihan tempat wisata di Jogja yang lebih asik dan beragam untuk mengisi liburan Anda. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.