5 Tempat Wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan

5 Tempat Wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan

Wisata di Banjarmasin


Banjarmasin merupakan ibu kota Kalimantan Selatan. Kota ini dijuluki juga sebagai Kota Seribu Sungai, hal ini tidak terlepas dari banyaknya sungai yang ada di Banjarmasin. Kota ini berlokasi di sisi timur sungai Barito, letaknya nyaris di tengah-tengah Indonesia. Jangan lewatkan objek wisata di Banjarmasin berikut ini ketika berkunjung.

Pasar Terapung

Keberadaan sungai di Banjarmasin memiliki peran penting baik untuk perekonomian masyarakat maupun bagi sektor pariwisata. Salah satunya pasar terapung yang menjadi salah satu daya tarik Kota Banjarmasin. Kegiatan di Pasar Terapung ini dimulai pada pukul 05.30 WITA sampai pukul 08.00 WITA.

Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai Martapura lokasinya berada di seberang Kompleks Mesjid Raya Sabilal Muhtadin Jl. Jendral Sudirman Banjarmasin, letaknya dipinggir Sungai Martapura. Taman ini dibangun pada 2004 dan menjadi tempat berkumpul dan rekreasi para muda-mudi Banjarmasin.

Kampung Sasirangan

Kampung Sasirangan adalah tempat dimana anda bisa membeli batik khas Banjarmasin yaitu kain sasirangan. Lokasinya berada di Jalan Seberang Masjid, Kelurahan Kampung Melayu, Banjarmasin. Kain Sasirangan dulunya adalah pakaian yang dipakai pada upacara adat suku Banjar.

Museum Wasaka

Museum Wasaka adalah museum perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Wasaka sendiri merupakan singkatan dari Waja Sampai Kaputing, dalam bahasa Banjar maksudnya adalah tekad para pejuang di Kalimantan Selatan dalam melawan penjajah Belanda hingga titik darah penghabisan.

Pulau Kembang

Pulau Kembang adalah sebuah delta yang berada di tengah sungai Barito, Pulau ini dihuni kera ekor panjang dan beberapa jenis burung. Pulau ini secara administratif berada di kecamatan Alalak, Kabupaten Barito, Kalimantan Selatan. Pulau ini bisa dicapai dengan kelotok yang banyak disewakan di sekitar Pasar Terapung.