5 Tempat Wisata di Batam Kepulauan Riau

5 Tempat Wisata di Batam Kepulauan Riau

5 Tempat Wisata di Batam Kepulauan Riau


Batam adalah sebuah Pulau di Kepulauan Riau yang berjarak hanya satu jam dengan menggunakan Kapal Ferry dari Negara Singapura, jarak Batam dengan Singapura dan Malaysia yang dekat membuat Batam sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara terutama dari negara tersebut.

Letak Batam yang sangat strategis menjadikannya sebagai salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia selain Bali dan Jakarta. Batam memang dirancang khusus untuk perdagangan bebas, banyak hotel, tempat hiburan, lapangan golf dan pusat perbelanjaan yang mewah dibangun di Batam.

Hal tersebut menandakan bahwa Batam termasuk sebagai Pulau di Indonesia yang sering dikunjungi wisatawan untuk keperluan bisnis, belanja maupun sekedar liburan. Meskipun banyak pembangunan hotel, tempat belanja dan hiburan mewah di Batam. Masih ada tempat wisata di Batam yang menarik untuk bisa anda nikmati.


1. Pulau Abang Batam

Pulau Abang Batam adalah tempat wisata yang tepat bagi anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut Batam, selain itu Pulau Abang juga menjadi pusat penelitian terumbu karang atau Coral Reef Rehabilitations and Management Program (COREMAP).

Air Laut Pulau Abang Batam Yang Jernih
Lokasi Pulau Abang berada di Selatan Kota Batam. Untuk bisa menuju kesini anda harus menuju ke Jembatan Barelang VI terlebih dulu, kemudian menyeberangi Sungai Budus dengan menggunakan  kapal motor atau yang biasa disebut pompong, jaraknya sekitar 12 km dari tempat anda menyeberang.

Pulau Abang meliputi beberapa Pulau kecil yang bisa anda kunjungi yaitu Pulau Abang Besar (Pantai Air Taung), Pulau Ranuh, dan Pulau Pengalap. Untuk menuju ke tiga lokasi tersebut maka Anda dapat menggunakan kapal cepat dari Pulau Galang Baru.

2. Jembatan Barelang Batam

Jembatan Barelang adalah ikon Kota Batam, Jembatan ini dibangun pada masa pemerintahan presiden Bj. Habibie, konon katanya anda belum bisa disebut ke Batam jika belum ke Jembatan Barelang ini. Jembatan Barelang terdiri dari 6 jembatan yang menghubungkan Pulau-Pulau besar di Batam.

Jembatan Barelang Batam dulunya bernama Jembatan Fisabillilah, namun masyarakat Batam lebih sering menyebutnya dengan nama yang populer tersebut. Barelang sendiri memiliki singkatan yaitu Batam, Rempang dan Galang.

Apa yang bisa dilakukan di Barelang? Ini adalah sebuah jembatan tentunya anda bisa mengabadikan momen anda di Batam dengan latar pemandangan yang indah disini. Dari atas Jembatan anda bisa melihat pemandangan Pulau dan Lautan biru yang luas disekitarnya. Dari Jembatan Barelang juga anda bisa menuju ke tempat wisata di Batam seperti Pulau Abang.

3. Komplek Nagoya Batam

Jika anda suka berbelanja, Nagoya adalah lokasi wisata berbelanja di Batam, wisatawan bisa menikmati berjalan-jalan dengan berbagai pilihan tempat belanja. Anda bisa membeli peralatan elektronik, kebutuhan rumah tangga, hingga produk fashion bermerek.

Di malam hari, anda bisa kembali ke Nagoya untuk menikmati makan malam. Nagoya menawarkan banyak tempat makan yang menyediakan berbagai macam menu, mulai dari makanan cina, makanan laut, makanan padang, dan menu lainnya dari warung tenda makanan yang tersebar di berbagai sudut Kota.

4. Mega Wisata Ocarina Park Batam

Mega Wisata Ocarina Park Batam adalah kawasan wisata terbesar di Batam dengan luas 40 hektar. Tempat Wisata di Batam ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009, kawasan wisata ini berada di Pasir Putih, Batam Center, dan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 15 menit dari Bandara Hang Nadim, Batam.

Mega Wisata Ocarina Park Batam memiliki fasilitas yang cukup lengkap dengan berbagai wahana permainan yang tersedia bagi anak-anak maupun orang dewasa. Salah satu wahana permainan disini yang menarik pengunjung adalah kincir raksasa. Selain kincir raksasa anda juga bisa berenang dan bermain banana boat.

5. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa berada di Kecamatan Nongsa, Batam. Pantai ini merupakan tempat wisata yang paling terkenal di Batam. Untuk menuju Pantai Nongsa, wisatawan bisa menggunakan taksi dari Bandara dengan waktu tempuh 30 menit atau taksi dari Kota Batam dengan waktu tempuh 40-50 menit. Sedangkan dari Nagoya jaraknya sekitar 60 menit.

Selain wisatawan lokal, Pantai Nongsa biasanya juga dikunjungi oleh negara tetangga yaitu Singapura, wisatawan dari negara Singapura tersebut biasanya menggunakan Kapal Ferry dari dermaga Tanah Merah dengan tujuan Terminal Ferry Nongsa. Selain Pantai Nongsa anda juga harus mengunjungi Pulau Putri yang berada di seberang Pantai Nongsa.

Selain tempat wisata tersebut sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Batam yang akan saya tulis lagi pada kesempatan berikutnya.