5 Tempat Wisata di Kudus Jawa Tengah

5 Tempat Wisata di Kudus Jawa Tengah

5 Tempat Wisata di Kudus Jawa Tengah


Kudus merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki luas wilayah 42.516 Ha, secara geografis daerah ini berbatasan dengan Jepara, Pati, Demak dan Grobogan. Kabupaten Kudus dikenal sebagai penghasil rokok kretek terbesar di Jawa Tengah, hal ini tidak terlepas dari warisan turun temurun masyarakat Kudus yang menggeluti industri kretek.

Selain dikenal sebagai Kota Kretek, Kudus juga dikenal dengan Kota Santri karena latar belakang sejarahnya yang menjadi salah satu pusat penyebaran agama islam, hal ini dapat dilihat dari adanya makam Sunan Kudus dan Sunan Muria. Bagi anda yang akan mengunjungi Kudus, berikut adalah tempat wisata di Kudus.

1. Kawasan Wisata Colo

Kawasan wisata colo adalah salah satu tempat wisata unggulan di Kudus yang menawarkan kepada anda wisata religi dan juga wisata alam, letaknya berada di 3 desa yaitu Kajar, Colo dan Japan. Disini para wisatawan dapat berziarah ke makam sunan muria atau menikmati pemandangan dan kesejukan alam pegunungan yang tersaji di Colo.

2. Air Terjun Montel

Air Terjun Montel adalah salah satu objek wisata alam yang berada di kawasan wisata colo kudus, letaknya berada di sebelah utara makam sunan muria. Air terjun montel ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, untuk menuju ke air terjun pengunjung dapat melintasi jalan setapak sepanjang 1,5 km melewati perkebunan kopi.

3. Waterboom

Bagi anda yang ingin mengajak anak anda berenang atau bemain air di Kudus, anda bisa mengunjungi Waterboom Mulia Wisata yang terletak di jalan Kudus - Colo, Desa Lau, Kecamatan Dawe, atau The Peak View Waterboom yang terletak di Jalan UMK Utara, Gondang Manis, Kudus, selain bisa bermain air tempat ini juga menyediakan permainan seperti outbound, atv, kereta mini dan taman bermain.

4. Mata Air Tiga Rasa Rejenu dan Air Terjun Gonggomino

Mata Air Tiga Rasa lokasinya berada di Desa Japan Utara atau yang lebih dikenal dengan nama Rejenu. Seperti namanya, air terjun tiga rasa ini memiliki rasa yang berbeda-beda, anda dapat mencoba meminum air yang berasal dari mata air pegunungan yang keluar dari tiga cekungan yang berbeda tersebut. Selain mata air tiga rasa, di kawasan wisata Rejenu anda juga bisa berkunjung ke Air Terjun Gonggomino.

5. Museum Kretek

Mengunjungi Kudus yang dikenal sebagai "Kota Kretek" tentunya belum lengkap apabila anda belum mengunjungi Museum Kretek Kudus yang berada di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati Kudus, letaknya berada tidak jauh dari pusat kota atau sekitar 3 km ke arah selatan.

Di Museum Kretek Kudus ini terdapat peralatan dan mesin tradisional pembuatan rokok kretek pada zamannya serta diorama yang menggambarkan proses penanaman dan pengolahan bahan baku rokok kretek, selain itu disini juga terdapat waterboom untuk menyegarkan badan anda setelah seharian berkeliling Kudus.