5 Tempat Wisata di Magelang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

5 Tempat Wisata di Magelang Yang Menarik Untuk Dikunjungi

5 Tempat Wisata di Magelang Yang Menarik Untuk Dikunjungi


Magelang merupakan nama kabupaten dan kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, daerah ini sering menjadi tujuan bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta karena jaraknya yang tidak terlalu jauh.

Di Magelang juga inilah terdapat salah satu tempat wisata yang sangat terkenal bahkan sampai ke penjuru dunia yaitu Candi Borobudur. Jika anda berkunjung ke Yogyakarta, mungkin anda bisa menjadikan Magelang sebagai destinasi wisata berikutnya. Berikut ini tersaji beberapa tempat wisata di Magelang yang bisa anda kunjungi.


Wisata Kabupaten Magelang

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan tempat wisata di Magelang yang sangat terkenal, Candi Borobudur ini merupakan candi Budha terbesar yang dibangun sebelum Angkor Wat di Kamboja berdiri. Candi ini juga diakui oleh lembaga internasional dari PBB yaitu UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Situs megah warisan budaya dunia ini berdiri di tengah taman seluas 85 Ha dan luas bangunan Candi Borobudur adalah 15.129 meter persegi. Harga tiket masuk Candi Borobudur ini Rp. 30.000 untuk Dewasa (6 tahun keatas) sedangkan untuk dibawah usia 6 tahun atau pelajar harga tiket masuknya Rp. 12.500.


2. Ketep Pass

Selain Candi Borobudur, tempat wisata di Magelang selanjutnya adalah ketep pass kalau diartikan ke Bahasa Indonesia artinya adalah puncak pass. Ketep Pass di Magelang ini merupakan tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam Gunung Merapi yang mengelilingi Magelang, lokasinya berjarak sekitar 30 km dari Kota Magelang.

Selain menikmati pemandangan alam di Ketep Pass disini juga tersedia Museum dan Ketep Volcano Theater yang memuat film dokumenter tentang aktivitas Gunung Merapi. Harga tiket masuk ketep pass ini cukup murah yaitu Rp. 7000 sedangkan untuk melihat film dokumenter anda akan dikenakan biaya tambahan Rp. 7000.


3. Air Terjun Kedung Kayang

Setelah puas menikmati pemandangan alam gunung merapi di Ketep Pass, anda bisa melanjutkan perjalanan ke objek wisata di Magelang selanjutnya yaitu Air Terjun Kedung Kayang. Air terjun ini lokasinya berada tidak jauh dari Ketep Pass jaraknya sekitar 20 menit perjalanan, letaknya berada di tengah perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali.

Setelah membayar tiket masuk, untuk mencapai lokasi air terjun kedung kayang ini anda harus berjalan kaki melewati jalan berpaving yang berliku, menanjak dan turun. Harga tiket masuk ke air terjun kayang ini adalah Rp. 4000 dan sebaiknya hati-hati apabila turun ke air terjun ini pada waktu hujan.

4. Air Terjun Curug Silawe

Tempat wisata di Magelang selanjutnya anda bisa mengunjungi Curug Silawe yang berada di kaki Gunung Sumbing, lokasi tepatnya berada di Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Di bagian bawah air terjun curug silawe ini terdapat kolam yang tidak terlalu dalam sehingga para wisatawan bisa menikmati segarnya air terjun curug silawe ini.

Selain Curug Silawe anda dapat mengunjungi Curug Sigong yang berada di sebelah kanan Curug Silawe dengan melewati anak tangga yang telah disediakan, Curug Sigong ini ketinggiannya tidak setinggi Curug Silawe namun tidak kalah menarik dengan Curug Silawe.


5. Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng merupakan tempat rekreasi di Magelang yang dikelola oleh Pemkot setempat, lokasinya berada di Jalan Cempaka No.6 Kota Magelang. Taman rekreasi ini memiliki luas 27,5 hektare dengan berbagai fasilitas permainan yang tersedia seperti perahu bebek, bianglala, kereta air, kolam renang, kuda mini, outbound, camping ground dan lain sebagainya.
Taman Kyai Langgeng Magelang

Tempat wisata di Magelang ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00 WIB, harga tiket masuk Senin - Jumat Rp. 15.000 sedangkan Sabtu, Minggu dan libur nasional harga tiketnya Rp. 20.000. Untuk beberapa wahana dikenakan biaya tambahan dan beberapa diantaranya gratis.