5 Tempat Wisata di Solo Yang Bisa Dikunjungi

5 Tempat Wisata di Solo Yang Bisa Dikunjungi

5 Tempat Wisata di Solo Yang Bisa Dikunjungi


Solo atau dikenal juga sebagai Surakarta adalah nama sebuah kota di Jawa Tengah yang terletak cukup strategis karena merupakan jalur perlintasan yang menghubungkan Semarang dan Yogyakarta. Untuk menuju ke Kota Solo sangat mudah, anda bisa menggunakan Pesawat, Kereta Api maupun menggunakan Bus atau kendaraan pribadi.

Berikut ini tempat wisata di Solo/Surakarta

1. Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah pusat perbelanjaan di Solo yang harus anda kunjungi jika anda ingin berbelanja batik khas Solo, disini tersedia berbagai macam souvenir dan pakaian yang terbuat dari batik. Pasar Klewer berlokasi di Jalan Dr Rajiman Solo tidak jauh dari Keraton Surakarta. Pasar Klewer adalah pusat tekstil terbesar di kota Solo dengan lebih dari 2,000 pedagang yang berjualan setiap harinya.

2. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta atau Keraton Kasunanan Surakarta adalah bangunan bersejarah di Kota Solo yang dibangun oleh Paku Buwono II pada tahun 1745. Keraton buka untuk umum setiap hari jam 08.30-14.00 WIB, hari Minggu jam 08.30-13.00 WIB dan tutup pada hari Jumat.

Lokasi keraton tidak jauh dari pasar Klewer jaraknya kurang lebih 200 meter. Disini anda bisa melihat benda-benda koleksi peninggalan sejarah seperti kereta kencana, senjata, dan peninggalan bersejarah lainnya.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke keraton sebaiknya anda berpakaian rapih dan sopan, seperti tidak memakai topi, kacamata hitam, celana pendek, sandal, serta jaket, itu adalah peraturan yang wajib anda patuhi ketika berkunjung ke Keraton Surakarta.

Bagi Anda yang memakai celana pendek, di Keraton anda bisa meminjam kain bawahan untuk digunakan selama mengelilingi kawasan keraton. Harga tiket masuk Keraton Rp 4.000,00, jika membawa kamera dikenakan tiket tambahan sebesar Rp 2.000,00
.
3. Istana/ Pura Mangkunegaran

Istana atau Pura Mangkunegaran berada di Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo/Surakarta. Pura ini dibangun pada tahun 1757 oleh Raden Mas Said atau yang lebih dikenal sebagai Pangeran Sambar Nyawa, secara keseluruhan istana ini dibuat dengan kayu jati.

Di dalam Pura Mangkunegaran anda bisa melihat berbagai koleksi peninggalan sejarah dan karya seni yang ada seperti koleksi kitab kuno, senjata, topeng dan sebagainya. Pura Mangkunegaran dibuka untuk umum setiap hari jam 09.00-14.00, Jumat jam 09.00-12.00 sedangkan Minggu jam 09.00-14.00.

Jika anda ingin membeli barang antik di Solo, berkunjunglah ke Pasar Antik Triwindu atau Pasar Windujenar. Pasar ini berlokasi di Jalan Diponegoro tidak jauh dari Pura Mangkunegaran. Untuk membeli barang antik disini sebaiknya anda cermat memilih dan menawar harga untuk mendapatkan barang yang anda inginkan.

4. Kampung Batik Kauman

Selain belanja batik Solo di Pasar Klewer anda juga bisa berburu di Kampung Batik Kauman. Disini terdapat 20-30 industri rumahan yang membuat batik dan sudah menjadi tempat langganan pembeli lokal maupun mancanegara.


Tidak hanya sekedar membeli batik, di Kampung Batik Kauman anda juga bisa melihat bagaimana proses membuat batik sampai membuat batik sendiri. Tidak hanya itu, Kampung Batik Kauman dihiasi bangunan-bangunan sejarah yang ada di Solo seperti Rumah Joglo, Limasan dan bangunan kolonial.

Selain Kampung Batik Kauman di Solo ada juga Kampung Batik Laweyan, kedua kampung ini memiliki perbedaan tersendiri. Kampung Batik Kauman memproduksi motif batik yang warnanya cenderung lebih gelap.

Sedangkan Kampung Batik Laweyan memproduksi motif batik dan warna yang cenderung lebih terang. Namun kedua kampung ini sangat menarik untuk anda kunjungi. Untuk menambah pengetahuan anda tentang batik, tidak ada salahnya mengunjungi museum batik yang ada di Solo seperti Museum Batik Kuno Danar Hadi Solo.

5. Pandawa Water World Solo Baru

Setelah berkunjung ke Keraton sampai berbelanja baju batik di Solo, saatnya menceburkan diri di wahana air yang ada di Solo yaitu Pandawa Water World, lokasinya berada di Jl. Cernara Raya Solo Baru, ajaklah anak dan keluarga anda menikmati wisata air di Solo ini. Harga tiket masuk Pandawa Water World Solo Baru adalah Rp. 80.000,00 pada hari kerja yaitu senin-jumat, sedangkan pada hari libur dan tanggal merah atau sabtu-minggu harga tiketnya Rp. 100.000,00.