5 Tempat Wisata di Wonogiri Yang Bisa Dikunjungi

5 Tempat Wisata di Wonogiri Yang Bisa Dikunjungi

Wisata di Wonogiri

Tempat wisata di Wonogiri cukup banyak sekali yang bisa dikunjungi, di sini anda dapat menemukan pantai, goa, air terjun dan beberapa tempat wisata lainnya. Dari beberapa tempat wisata yang ada di Wonogiri tersebut, saya hanya akan membahas beberapa saja yang mungkin menarik untuk anda. Bagi anda yang berniat untuk berkunjung ke Wonogiri, berikut ini tempat wisata di Wonogiri yang bisa dikunjungi.

1. Pantai Nampu

Pantai Nampu merupakan salah satu tempat wisata di Wonogiri yang menjadi unggulan pemerintah setempat, lokasinya berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Pranggupito, Kabupaten Wonogiri, sekitar 70 km dari pusat kota atau 2 jam perjalanan darat. Di Pantai Nampu ini terdapat tiga titik pantai yang dipisahkan oleh bukit.

2. Pantai Sembukan

Tempat wisata di Wonogiri selanjutnya adalah Pantai Sembukan, lokasinya berada di Desa Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, sekitar 60 km dari pusat kota atau 1,5 jam perjalanan darat. Pantai Sembukan memiliki hamparan pasir putih dan batuan karang dengan beragam bentuk.

3. Air Terjun di Setren Girimanik

Girimanik merupakan kawasan wisata alam di Wonogiri yang terdapat tiga buah air terjun dengan ketinggian yang berbeda, air terjun tersebut bernama Air Terjun Manikmoyo, Air Terjun Condromoyo dan Air Terjun Tinjo Moyo, yang paling tinggi adalah air terjun Manikmoyo dengan ketinggian sekitar 70 meter. Kawasan wisata alam di Wonogiri ini lokasinya berada di Desa Setren, Kecamatan Slogohimo.

4. Waduk Gajah Mungkur

Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur adalah tempat wisata di Wonogiri yang cukup ramai dikunjungi, terutama ketika musim libur sekolah maupun libur lebaran, lokasinya berada tidak jauh dari pusat Kota Wonogiri. Di sini tersedia berbagai fasilitas seperti perahu, sepeda air, waterboom, taman satwa serta berbagai fasilitas wisata penunjang lainnya.

5. Museum Karst Wonogiri

Ingin berwisata sekaligus belajar mengenal batuan karst? di Wonogiri anda dapat melakukannya, tepatnya di Museum Karst Wonogiri yang berlokasi di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Museum Karst Wonogiri ini diklaim sebagai Museum terbesar dan terunik di Indonesia bahkan di Asia Tenggara, selain itu di sekitar museum juga terdapat beberapa gua seperti gua tembus, gua mrica, gua sodong, gua potro, gua sapen, gua gilap dan gua sonya ruri.