6 Tempat Menarik di Makassar Yang Bisa Dikunjungi

6 Tempat Menarik di Makassar Yang Bisa Dikunjungi

6 Tempat Menarik di Makassar Yang Bisa Dikunjungi


Makassar adalah kota terbesar di Sulawesi Selatan, Indonesia yang dulunya bernama Ujung Pandang. Dengan luas daratan 175,55 km2 ditambah luas lautan 100 km2. Kota Makassar punya banyak tempat wisata menarik untuk dijelajahi. Anda dapat menjelajahi jejak sejarah Kota Makassar dan menelusuri pulau-pulau dengan Pantai yang indah di Makassar.

Berikut ini tempat wisata di Makassar yang menarik untuk dijelajahi.

1. Pantai Losari Makassar

Pantai Losari adalah tempat paling terkenal sekaligus menjadi ikon wisata di Makassar. Dahulu ada yang menarik disini, yaitu terdapat warung meja makan yang berjejer di sepanjang bibir Pantai Losari yang dikenal juga sebagai meja makan terpanjang di dunia.

Sekarang warung-warung makan itu telah dipindahkan ke tempat yang tidak jauh dari Pantai, supaya tempat wisata ini terlihat bersih dan indah Lokasi Pantai Losari berada di jalan penghibur yang terletak di sebelah barat Makassar.

Cara menuju Pantai Losari cukup mudah dari Bandara Sultan Hasanuddin di butuhkan waktu setengah jam untuk bisa sampai ke Pantai ini, anda bisa menggunakan transportasi umum atau menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk bisa masuk ke Pantai Losari anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Akomodasi yang tersedia juga lengkap, ada banyak hotel atau penginapan yang bisa anda temukan yang langsung menghadap ke laut Pantai Losari, Makassar.

2. Benteng Rotterdam Makassar

Selain Pantai Losari, di Makassar wisatawan juga bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata bersejarah di Makassar yaitu Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam. Benteng ini dulunya bernama Benteng Ujung Pandang ketika dibangun oleh Raja Gowa ke-9, namun setelah direbut oleh Belanda kemudian berganti nama menjadi Fort Rotterdam.

Lokasi Benteng Rotterdam berada di Jalan Ujung Pandang, Makassar. Ketika memasuki Benteng ini anda akan disambut oleh susunan tulisan besar yang bertuliskan Fort Rotterdam. Tiket masuk di Fort Rotterdam Makassar adalah gratis jika anda hanya ingin sekedar berjalan-jalan di sekitar Benteng.

Jika anda ingin menelusuri jejak sejarah Makassar, terutama masyarakat Sulawesi Selatan, di dalam Benteng Rotterdam ada Museum yang bernama Museum La Galigo, tiket masuknya untuk anak Rp. 3.000,00 sedangkan untuk dewasa Rp. 5.000,00. Di dalamnya terdapat benda-benda bersejarah, miniatur rumah adat, hingga kapal phinisi.

3. Trans studio makassar

Trans Studio Makassar, adalah wahana bermain di Makassar yang memiliki luas 20.000 m2 tempat ini baru mulai beroperasi pada 2009. Trans Studio Makasar merupakan theme park indoor terbesar di Makassar yang memiliki 21 wahana permainan dan pertunjukan yang siap anda nikmati bersama keluarga maupun teman anda.

Harga tiket Trans Studio Makassar pada hari senin-jumat Rp. 100.000 sedangkan pada hari libur sabtu-minggu Rp. 150.000. Jadwal Trans Studio Makassar buka setiap hari, Pada hari kerja, taman hiburan di Makassar ini buka mulai pukul 10.00-19.00 WITA. Untuk akhir pekan Sabtu-Minggu atau tanggal merah, Trans Studio Makassar buka mulai pukul 10.00-21.00 WITA.

Untuk bisa masuk dan bertransaksi di Trans Studio Makassar anda harus menggunakan kartu studio pass dengan harga Rp. 10.000, yang berlaku untuk seumur hidup. Lokasi Taman Hiburan Trans Studio Makassar ini berada di Kawasan Terpadu Trans Studio, JL Metro Tanjung Bunga, Makassar.

4. Pulau Samalona Makassar

Supaya anda tidak menyesal ketika mengunjungi Makassar dan masih kurang puas menikmati Pantai Losari, nikmati juga keindahan Pulau Samalona dengan pantai pasir putih dan air lautnya yang biru jernih. Pulau Samalona cukup terkenal sebagai tempat wisata di Makassar yang indah.

Pulau Samalona di Makassar tidak terlalu luas, pengunjung bisa berkeliling Pulau dengan waktu yang singkat. Fasilitas yang tersedia di Pulau Samalona juga cukup lengkap ada toilet, mushola, warung sampai penginapan. Seperti di Pantai lainnya di Samalona anda bisa berjemur, snorkeling, berenang atau sekedar menikmati indahnya Pulau Samalona.

Lokasi Pulau Samalona Makassar tidak terlalu jauh dari Pantai Losari. Anda bisa menyewa perahu motor dari dermaga Pantai Losari atau dari dermaga Benteng Rotterdam dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Pintar-pintarlah menawar harga untuk menyewa perahu untuk mendapatkan harga yang murah.

5. Pulau Gusung Makassar

Selain Pulau Samalona di Makassar anda juga bisa mengunjungi Pulau Gusung atau yang biasa disebut Pulau Laelae kecil. Lokasi Pulau Gusung tidak jauh dari Kota Makassar, anda bisa menuju ke Pulau Gusung melalui Dermaga Popsa yang berada di depan Benteng Fort Rotterdam dengan menyewa kapal cepat, yang akan memakan waktu kurang lebih 10 menit.

Pulau Gusung sebenarnya adalah sebuah tanggul yang berfungsi untuk menahan ombak yang masuk ke area Pelabuhan Makassar namun karena proses alam, lama kelamaan bertumpuklah pasir putih di sekitar tanggul hingga terbentuklah sebuah Pulau kecil.

6. Pulau Kayangan Makassar

Setelah berkunjung ke Pulau Samalona dan Pulau Gusung, ada satu lagi Pulau yang menarik untuk anda kunjungi yaitu Pulau Kayangan. Jaraknya hanya 20 menit dari pesisir makassar, anda bisa menuju ke Pulau Khayangan melalui Dermaga Popsa.