6 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Yang Bisa Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Yang Bisa Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta Yang Bisa Dikunjungi


Bantul merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang menjadi pendukung Yogyakarta sebagai tujuan wisata utama di Indonesia. Bantul terdiri dari 17 kecamatan dengan objek wisata tersendiri, berikut ini tempat wisata di Bantul, Yogyakarta.


1. Banguntapan Bantul

Tempat wisata di Bantul yang pertama kita menuju ke kecamatan Banguntapan, dimana terdapat beberapa tempat wisata yang bisa anda tuju seperti Balong Waterpark yang merupakan tempat bermain air di Bantul, kemudian ada kids fun yaitu tempat rekreasi keluarga di Bantul yang menawarkan beragan permainan juga waterpark.

Disini juga ada museum yang bisa anda kunjungi seperti Museum Dirgantara Mandala yang merupakan museum terlengkap dan terbesar di Indonesia mengenai sejarah TNI Angkatan Udara di Indonesia, dengan beberapa koleksi pesawat yang di pamerkan. Selain museum dirgantara anda juga bisa berkunjung ke museum wayang kekayon.

2. Bantul Bantul

Selanjutnya kita menuju ke kecamatan Bantul yang namanya sama dengan nama kabupatennya, disini anda bisa mengunjungi waterbyur tirta tamansari yang menawarkan wahana permainan air atau kolam renang, dibandingkan di tempat lainnya fasilitas disini mungkin masih sederhana namun tidak kalah menarik untuk menjadi tempat rekreasi, harga tiketnya pun cukup murah.

Ingin membeli kerajinan kulit di Bantul? Anda bisa mengunjungi Sentra Industri Kerajinan Kulit Manding, lokasinya berada di Jalan Parangtritis km 11, Sabdodadi, Bantul. Produk yang dihasilkan di kawasan Manding ini antara lain sepatu, sandal, tas, jaket, ikat pinggang, dompet, serta berbagai aksesoris lainnya yang terbuat dari kulit.

3. Imogiri Bantul

Tempat Wisata di Bantul berikutnya di Kecamatan Imogiri Bantul, disini anda bisa mengunjungi goa cermai. Goa Cermai ini termasuk goa yang panjang dan dalam tembus hingga ke Desa Ploso, Gunung Kidul. Goa Cermai ini cukup menarik untuk ditelusuri bagi anda yang bernyali. Selain itu anda juga dapat mengunjungi desa wisata karang tengah Bantul yang merupakan tempat budidaya ulat sutera dan menawarkan agro wisata.

4. Kretek Bantul

Di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, Yogyakarta anda bisa berwisata ke beberapa pantai yang ada disini seperti pantai parangkusumo, pantai ini dipandang keramat dalam budaya dan tradisi setempat oleh karena itu disini sering diadakan upacara ritual. Selain pantai parangkusumo ada pantai parangtritis yang tentu susah tidak asing lagi di telinga anda, pantai ini cukup terkenal dan paling ramai di Bantul.

5. Sanden Bantul

Tempat wisata di Bantul selanjutnya di Kecamatan Sanden, ada beberapa objek wisata yang bisa anda kunjungi seperti pantai goa cemara, dinamakan pantai goa cemara karena di sekitar lokasi pantai terdapat pohon cemara yang membentuk goa atau lorong.

Kemudian ada pantai pandansari atau pantai patehan dengan mercusuarnya meski pantainya tidak terlalu berbeda dengan pantai goa cemara. Selain dua pantai tersebut ada lagi pantai samas yang terkenal dengan ombak laut yang cukup besar.

6. Srandakan Bantul

Di Srandakan Bantul ada beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi seperti pantai pandansimo yang berjarak kurang lebih 30 km dari kota Yogyakarta, yaitu di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul. Selanjutnya tidak jauh dari pantai pandansimo, sekitar 500 m ke arah timur pandansimo ada pantai baru yang banyak ditumbuhi pohon cemara udang dan terakhir ada pantai kwaru.

Itu tadi beberapa tempat wisata di Bantul Yogyakarta yang cukup menarik untuk dikunjungi, anda bisa mengeksplorasi Bantul lebih lanjut lagi dengan