6 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Bisa Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Bisa Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Bisa Dikunjungi


Banyuwangi adalah sebuah Kabupaten yang berada di Timur Pulau Jawa, berbatasan dengan Situbondo, Jember dan Bondowoso. Di sebelah timur ada pulau Bali dan sebelah selatan adalah Samudera Hindia. Bentangan alam pegunungan, pantai hingga padang savana ada di Banyuwangi oleh karena itu banyak tempat wisata yang menarik untuk anda kunjungi di Banyuwangi.


1. Kawah ijen, Banyuwangi

Kawah Ijen adalah salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Banyuwangi. Kawah ini merupakan bagian dari Gunung Ijen dan Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang terletak di Kecamatan Licin Banyuwangi dan Kecamatan Klobang Bondowoso. Gunung Ijen sendiri merupakan gunung api yang masih aktif dengan ketinggian 2.368 meter diatas permukaan laut. Selain menjadi tempat wisata, kawah ini juga menjadi tempat penambangan belerang terbesar di Jawa Timur.

2. Taman Nasional Baluran, Banyuwangi

Taman Nasional Baluran merupakan tempat konservasi Flora dan Fauna yang dilindungi, Taman ini berada di Situbondo dan sebagian berada di Banyuwangi, untuk mencapai Taman Nasional Baluran cukup mudah anda bisa menggunakan rute Banyuwangi-Batangan, kemudian dilanjutkan ke Bekol selain itu bisa juga melalui rute Situbondo-Batangan. Kunjungan terbaik ke sini adalah Maret sampai Agustus. Tidak hanya itu, bagi anda yang suka dengan snorkeling disini ada Pantai Bama.

3. Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi

Taman Nasional Alas Purwo merupakan kawasan hutan hujan dataran rendah, Taman ini berada di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Disini anda bisa melihat berbagai hewan liar di Sadengan, berselancar di Pantai Plengkung atau G-Land, melihat penyu bertelur di Pantai Trianggulasi, Penangkaran Penyu di Ngagelan serta masih banyak lagi wisata yang bisa anda pilih di kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

4. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Selain Pantai Plengkung (G-Land) ada juga Pantai Pulau Merah, lokasinya berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai ini relatif lebih aman untuk para peselancar pemula di banding Pantai G-Land karena ombaknya tidak terlalu tinggi. Nama lain Pantai Pulau Merah adalah Pantai Ringin Pitu, untuk menuju ke Pantai Pulau Merah anda bisa menggunakan kendaraan umum menuju Pasar Pesanggaran kemudian dilanjutkan dengan ojek ke Pulau Merah.

5. Pulau Tabuhan, Banyuwangi

Pulau Tabuhan adalah salah satu objek wisata di Banyuwangi yang memiliki luas 5 hektar, lokasinya kurang lebih 20 km dari pusat kota Banyuwangi tepatnya di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Bagi anda yang ingin menuju Pulau Tabuhan, anda harus menyebrang menggunakan perahu motor.

6. Pantai Teluk Hijau (Green Bay), Banyuwangi

Pantai yang indah di Banyuwangi tidak hanya Pantai Plengkung dan Pantai Pulau Merah saja, Tetapi ada juga Pantai Teluk Hijau atau disebut juga Green Bay. Pantai Teluk Hijau memiliki pasir putih dan air laut yang jernih berwarna kehijauan, selain itu disini juga terdapat air terjun setinggi 8 meter yang menambah daya tarik Pantai ini. Teluk Hijau berada di Pesanggaran tepatnya di Desa Sarongan. Ketika anda berkunjung ke Sukamande Taman Nasional Merubetiri, anda akan melewati Pantai Teluk Hijau.