6 Tempat Wisata di Pekalongan Yang Bisa Anda Kunjungi

6 Tempat Wisata di Pekalongan Yang Bisa Anda Kunjungi

6 Tempat Wisata di Pekalongan Yang Bisa Anda Kunjungi



Pekalongan adalah daerah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, daerah ini sangat terkenal dengan batiknya yang telah menjangkau pasar nasional maupun internasional. Tidak cuma batik saja, Pekalongan juga memiliki beragam tempat wisata yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Berikut ini adalah tempat wisata di Pekalongan yang bisa anda kunjungi.

1. Pantai Depok

Pantai Depok merupakan tempat wisata di Pekalongan yang bisa anda kunjungi, lokasi Pantai ini berada di Desa Depok, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan, sekitar 5 km dari jalur pantura Pekalongan, Pantai ini berpasir hitam dan coklat. Selain Pantai Depok Pekalongan anda juga bisa mengunjungi Pantai Wonokerto yang terletak di Kecamatan Wonokerto.

2. Ekowisata Petungkriyono

Petungkriyono merupakan salah satu kecamatan di Pekalongan yang terletak di lereng gunung rajagambangan oleh karena itu cuaca disini cukup sejuk. Untuk bisa mencapai kawasan Petungkriyono ini dibutuhkan waktu sekitar sekitar 2 - 3 jam perjalanan dari Kota Pekalongan.
Curug Muncar, Petungkriyono, Pekalongan

Salah satu daya tarik obyek wisata disini adalah air terjun, terdapat beberapa air terjun di daerah petungkriyono ini seperti Curug Muncar, Curug Banteng, Curug Lawe, Curug Kedunglumbu, Curug Sibedug, Curug Bajing.

3. Pantai Pasir Kencana

Tempat wisata di Pekalongan selanjutnya adalah Pantai Pasir Kencana yang terletak berdampingan dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara, Pantai Pasir Kencana ini terletak di kawasan Pantura dengan ciri khas pantai utara. Pantai ini jaraknya sekitar 5 km dari Pusat Kota Pekalongan.

4. Pantai Slamaran

Pantai Slamaran lokasinya berada bersebelahan dengan Pantai Pasir Kencana, kedua pantai ini hanya dibatasi oleh Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan. Kondisi Pantai Selamaran ini tidak berbeda jauh dengan Pantai Pasir Kencana dengan harga tiket masuknya berkisar Rp. 3000-Rp. 5000.

5. Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan diresmikan pada 2006 oleh Susilo Bambang Yudhoyono sebagai wadah untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia. Museum ini menempati gedung kuno peninggalan kolonial Belanda, lokasinya berada di Jalan Jetayu Pekalongan.
Museum Batik Pekalongan

Ruangan koleksi di dalam museum batik ini dibagi menjadi tiga yaitu ruang nusantara yang diisi koleksi batik istri presiden dan wakilnya, kemudian ruang pedalaman dan pesisiran. Koleksi batik di Museum ini akan diganti setiap 4 bulan sekali dengan tema yang berbeda. Disini anda bisa belajar mengenai sejarah dan informasi tentang batik dan juga belajar membuat batik sendiri.

6. IBC (International Batik Center)


International Batik Center (IBC) Pekalongan mungkin bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin berbelanja batik di Pekalongan selain Pasar Grosir Setono, IBC ini lokasinya berada di pinggir jalan raya pantura tepatnya di Jalan Raya Wiradesa atau sekarang bernama Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 573. Kompleks bangunan IBC ini cukup megah dan luas, di atas gerbangnya terdapat ikon wajan dan canting.