7 Tempat Wisata di Jepara Yang Bisa Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Jepara Yang Bisa Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Jepara Yang Bisa Dikunjungi


Jepara adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan kerajinan ukirnya, selain terkenal dengan kerajinan ukirnya, tempat wisata di Jepara juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi, apabila sedang berada di Jepara atau ingin berkunjung ke Jepara jangan lewatkan tempat wisata di Jepara berikut ini.

1. Pantai di Jepara

Pantai menjadi tempat wisata di Jepara yang cukup menarik, ada banyak pantai di Jepara yang bisa anda kunjungi dan rata-rata pantai di Jepara berpasir putih dengan ombak yang tenang sehingga anda bisa berwisata dengan aman bersama keluarga.

Pantai di Jepara yang bisa anda jadikan tujuan wisata antara lain Pantai Kartini, pantai tirto samudra atau pantai bandengan, pantai teluk awur, pantai Bondo, pantai pailus dan masih banyak lagi lainnya.

2. Pulau di Jepara

Jika sudah bosan menikmati Pantai di Jepara anda bisa mencoba alternatif lain yaitu mengunjungi Pulau yang ada di Jepara seperti Pulau Karimun Jawa, Pulau Panjang dan Pulau Mandalika.

Pulau Karimunjawa merupakan tempat wisata di Jepara yang sangat terkenal, Pulau ini sangat cocok untuk liburan anda di Jepara karena pemandangannya cukup indah serta biota laut yang beragam. Terdapat gugusan 27 pulau di Karimun Jawa yang bisa anda eksplorasi baik di darat maupun bawah lautnya.

Sedangkan Pulau Panjang merupakan sebuah Pulau kecil di Jepara yang memiliki pantai berpasir putih, pulau ini dapat menjadi alternatif wisata anda di Jepara. Pulau Panjang berada di 2,5 km sebelah barat Pantai Kartini, anda bisa ke pulau panjang menggunakan perahu dari dermaga pantai kartini Jepara.

3. Air Terjun Songgo Langit

Tempat wisata di Jepara selanjutnya adalah air terjun songgo langit, dinamakan demikian karena air terjun ini jika dilihat dari bawah seakan-akan menyangga langit atau dalam bahasa setempat yaitu songgo langit. Air terjun songgo langit di Jepara ini memiliki ketinggian 80 meter dan lebar 2 meter, di bawahnya terdapat kolam yang dapat digunakan untuk mandi.

4. Museum Kartini

Seperti yang kita ketahui Jepara merupakan tempat lahirnya Pahlawan Nasional yaitu R.A Kartini, tidak ada salahnya berkunjung ke museum Kartini yang berada di sebelah utara alun-alun Kota Jepara untuk melihat koleksi benda-benda milik R.A Kartini semasa masih hidup. Museum Kartini ini selain menyimpan koleksi benda peninggalan R.A Kartini semasa hidup juga menyimpan benda warisan budaya yang ditemukan di daerah Jepara.

5. Gong Perdamaian Dunia

Selain Museum Kartini, Tempat wisata bersejarah di Jepara lainnya ada Gong Perdamaian Dunia yang berada di Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji, Jepara. Konon katanya Gong Perdamaian Dunia ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dibuat oleh wali yang berasal dari Demak. Replika gong ini juga dipasang di beberapa negara di dunia.

6. Benteng Portugis dan Benteng VOC

Benteng Portugis merupakan salah satu bangunan peninggalan sejarah yang juga menjadi objek wisata di Jepara, dari benteng ini anda bisa melihat pemandangan pantai, laut dan hamparan batuan sedimen yang merupakan ikon dari tempat wisata ini serta pulau mandalika. Selain benteng Portugis bangunan bersejarah lainnya adalah benteng VOC yang berada di sebelah utara alun-alun Jepara.

7. Kura-Kura Ocean Park

Kura-Kura Ocean Park ini berupa bangunan yang berbentuk kura-kura raksasa yang berada di dalam komplek pantai kartini, di Kura-kura ocean park anda bisa mengenalkan kepada anak anda mengenai kehidupan bawah laut. Di sini terdapat aquarium yang berisi ikan-ikan berukuran besar, selain itu juga tersedia kolam yang berisi ikan maupun kura-kura yang bisa disentuh oleh anak-anak.