7 Tempat Wisata di Kebumen Yang Bisa Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Kebumen Yang Bisa Dikunjungi

7 Tempat Wisata di Kebumen Yang Bisa Dikunjungi


Kebumen merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah dengan kondisi wilayahnya berupa pegunungan, pantai dan dataran rendah. Tempat wisata di Kebumen identik dengan Pantai Selatan dengan ombak yang cukup besar. Jika anda berkesempatan berkunjung ke Kebumen, anda bisa mengunjungi objek wisata berikut ini.

Pantai Petanahan

Pantai Petanahan berada di Desa Karanggadung Kecamatan Petanahan, Kebumen. Pantai ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan baik dari wilayah Kebumen maupun dari luar kota, ketika idul fitri pantai ini penuh sesak oleh pengunjung. Ombak di Pantai ini cukup besar, sehingga anda harus berhati-hati.

Pantai Suwuk

Pantai Suwuk berada di desa Suwuk, kecamatan Puring, Kebumen. Sama seperti Pantai lainnya di Kebumen, Pantai suwuk memiliki pasir berwarna hitam dan ombaknya juga cukup besar. Pantai ini juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika musim liburan maupun idul fitri.


Pantai Ayah

Pantai Ayah berada di Kecamatan Ayah, Kebumen. Seperti Pantai Petanahan dan Pantai Suwuk, tempat ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan ketika musim liburan, disini anda bisa menyewa perahu untuk menelusuri muara sungai Bodo yang merupakan pemisah antara wilayah Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap.

Pantai Karangbolong

Pantai Karangbolong lokasinya tidak jauh dari Pantai Ayah, jadi setelah anda puas menikmati Pantai Ayah anda bisa melanjutkan wisata ke Pantai Karangbolong. Disini terdapat sebuah karang bolong seperti gua yang merupakan tempat bersarangnya burung walet.

Gua Jatijajar

Goa Jatijajar adalah Goa Alam yang terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Gua Jatijajar mencakup kawasan 5,5 hektare di sekitar kawasan terdapat beberapa kios cinderamata maupun penjual makanan. Di dalam gua telah dilengkapi dengan penerangan dan jalur yang memudahkan pengunjung menjelajahi gua. Selain Gua Jatijajar, di Kebumen ada juga Gua Petruk.

Benteng Van Der Wijk

Benteng Van Der Wijk berlokasi di jalan Sapta Marga, Gombong, Kebumen. Benteng Van Der Wijk merupakan benteng peninggalan Belanda yang dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Kebumen. Benteng ini seluruhnya terbuat dari batu bata merah dan dibangun pada abad ke XVIII.
Tempat