7 Tempat Wisata di Kota Balikpapan Kalimantan Timur

7 Tempat Wisata di Kota Balikpapan Kalimantan Timur


Balikpapan adalah sebuah kota di Kalimantan Timur yang dikenal juga sebagai kota minyak. Hal ini tidak terlepas dari pengeboran minyak pertama yang dilakukan perusahaan Mathilda pada 10 Februari 1897.

Pengeboran pertama di Balikpapan ini akhirnya membawa pendatang dari berbagai daerah yang membuat kilang-kilang minyak baru sehingga Balikpapan disebut juga sebagai Kota Minyak. Tanggal tersebut akhirnya juga dijadikan sebagai hari jadi Kota Balikpapan. Bukan cuma minyaknya, kota Balikpapan juga memiliki tempat wisata yang menarik.

1. Carribean Island Waterpark
Carribean Island Waterpark merupakan salah satu waterpark atau taman air yang berada di Jalan Kol. Syarifuddin Yoes II ( Ring Road II ) Balikpapan, Kalimantan Timur. Sama seperti di taman air atau waterpark lainnya anda bisa mengajak anak anda bermain air disini serta menikmati permainan yang tersedia.

2. Hutan Mangrove Margomulyo
Hutan Mangrove Margomulyo merupakan sebuah hutan kota yang letaknya tidak jauh dari pusat kota. Lokasinya berada di Dusun Margomulyo, Balikpapan Barat. Terdapat jembatan kayu sepanjang 800 meter bagi pengunjung untuk jalan-jalan menikmati hutan ini. Hutan Mangrove Margomulyo juga merupakan rumah bagi Bekantan atau Nasalis larvatus.

3. Hutan Lindung Sungai Wain
Hutan Lindung Sungai Wain lokasinya berada di Km 23 jalan Balikpapan - Samarinda. Hutan ini merupakan hutan yang masih alami dan merupakan miniatur dari hutan tropis di Kalimantan. Hutan ini juga merupakan rumah bagi satwa dan tanaman langka di dunia. Disini anda bisa berwisata alam sambil belajar.

4. Pantai Kemala
Pantai Kemala atau yang dikenal juga dengan Pantai Polda merupakan salah satu tempat wisata favorit di Balikpapan, lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Selatan. Selain bermain di Pantai anda juga bisa menikmati berbagai macam kuliner yang tersedia di tepi pantai.

5. Pantai Lamaru
Pantai Lamaru berada di sebelah timur pantai Manggar Segara Sari, tepatnya di desa Tritip, Balikpapan, Kalimantan Timur. Dari pusat kota dapat ditempuh kurang lebih 30 menit. Pantai ini cukup luas dan bersih, terdapat beberapa pohon yang ditanam secara teratur sehingga pengunjung bisa beristirahat dibawah pohon yang teduh.

6. Pantai Manggar Segara Sari
Selain Pantai Kemala dan Pantai Lamaru ada juga Pantai Manggar Segara Sari atau Pantai Manggar, lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota sekitar 20 km. Pantai ini juga menjadi salah satu favorit tempat wisata di Balikpapan. Disini terdapat berbagai fasilitas permainan yang bisa anda nikmati seperti banana boat, perahu, sewa ban. Layang-layang dan permainan lainnya.

7. Penangkaran Buaya Tritip
Penangkaran Buaya Tritip merupakan penangkaran bagi buaya di Kalimantan Timur, disini terdapat ribuan Buaya yang dibudidayakan untuk pelestarian alam maupun untuk bahan kulit. Selain melihat buaya, pengunjung juga bisa memberi makan buaya dan bagi yang ingin membeli suvenir dari kulit buaya disini tersedia toko yang menyediakan hal tersebut.