9 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Bisa Dikunjungi

9 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Bisa Dikunjungi
9 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Bisa Dikunjungi


Bangka Belitung adalah sebuah provinsi yang namanya diambil dari dua pulau yaitu Bangka dan Belitung, kepulauan Bangka Belitung memiliki ratusan pulau dan hanya puluhan saja yang berpenghuni. Jika belum pernah ke pulau ini anda harus mejadwalkan liburan anda kesini karena pulau ini salah satu tempat yang cukup indah di Indonesia. Berikut tempat wisata di Bangka Belitung yang bisa anda kunjungi.

1. Pantai Parai Tenggiri

Tempat wisata di Bangka Belitung yang pertama kita menuju ke Pantai Parai Tenggiri, lokasinya berada di daerah matras Sungailiat. Pantai di Bangka Belitung ini salah satu yang menjadi favorit para wisatawan untuk liburan.

Di Pantai Parai Tenggiri ini kita dapat menjumpai hiasan alam berupa tumpukan batu granit yang besar dengan bentuk yang beragam menghiasi pantai parai tenggiri ini. Bagi pengunjung yang ingin menginap di sini juga bisa, pantai ini memiliki sebuah resort dengan hotel bintang 4 yakni Parai Beach Resort.

2. Pantai Tanjung Pesona

Seperti ciri khas pantai yang ada di Bangka Belitung, Pantai Tanjung Pesona ini juga memadukan perpaduan antara pasir putih dan bebatuan yang tertata menghiasi pantai. Pantai Tanjung Pesona ini berada di Desa Rambak kecamatan Sungailiat, sekitar 1 jam dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang. Pantainya sudah dikelola dengan baik dan juga tersedia penginapan di Pantai Tanjung Pesona.

3. Pantai Matras

Pantai Matras terletak di Desa Matras, Kecamatan Sungailiat, Pantai Matras ini landai, luas serta berpasir putih dan terdapat aliran air tawar. Dengan panjang 3 km dan lebar 20 - 30 meter mungkin ini adalah Pantai terpanjang dan terluas di Bangka Belitung. Tersedia juga penginapan, hotel dan tempat hiburan bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan anda disini.

4. Pantai Batu Bedaun

Sungailiat di Bangka adalah daerah di Bangka Belitung yang memiliki pantai terbanyak dan menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Bangka Belitung. Selain 3 pantai di atas anda juga bisa mengunjungi Pantai Batu Bedaun lokasinya berada di kampung Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat. Disebut demikian karena terdapat pohon yang tumbuh di batu berada tidak jauh dari bibir pantai.

5. Danau Sekar Biru

Danau Sekar Biru sesuai dengan namanya Danau ini airnya berwarna biru dan sekilas mirip seperti kawah putih ciwidey, namun air danau sekar biru ini berwarna biru kemungkinan karena pantulan sinar matahari ke dasar danau yang berdinding tanah kaolin (tanah liat galian timah). Danau ini berada di sekitar Taman Salim Perumnas Desa Sekar Biru Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat.

6. Pantai Tanjung Kalian

Pantai Tanjung Kalian selain memiliki pantai yang bersih dan indah, pantai tanjung kalian ini juga memiliki warisan sejarah berupa bekas kapal perang dunia II. Pantai Tanjung Kalian ini jaraknya kurang lebih 10 km dari Kota Muntok, Bangka Barat. Selain kapal parang disini juga terdapat mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun pada 1862.

7. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Pantai Tanjung Kelayang ini merupakan pintu gerbang atau tempat dimana para wisatawan bisa menuju ke pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Di Pantai Tanjung Kelayang ini ada sesuatu yang cukup menarik yaitu berupa batu yang menyerupai kepala burung yang dapat dilihat dari pantai Tanjung Kelayang Bangka Belitung.

8. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi merupakan Pantai di Bangka Belitung yang dijadikan tempat lokasi syuting film laskar pelangi, oleh karena itu Pantai Tanjung Tinggi ini sangat terkenal dan cukup ramai dikunjungi para wisatawan yang penasaran dengan pantai ini. Pantai Tanjung Tinggi ini berada sekitar 30 km dari Kota Tanjung Pandan.

9. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas ini sangat terkenal dengan mercusuar yang dibangun oleh Belanda tahun 1882, selain menikmati pantainya para wisatawan juga bisa naik ke atas mercusuar tersebut untuk menikmati pemandangan pulau lengkuas dari ketinggian. Anda bisa menuju ke Pulau Lengkuas ini dengan menggunakan perahu dari Pantai Tanjung Kelayang dan sebelumnya mampir dulu ke Pulau Pasir.

Itu hanyalah sebagian tempat wisata di Bangka Belitung yang cukup menarik untuk dikunjungi, selain itu tentunya masih banyak lagi tempat yang indah dan menarik untuk anda eksplorasi lebih lanjut di Bangka Belitung.