Air Terjun Kembar Cantik di Kaki Gunung Salak, Bogor

Air Terjun Kembar Cantik di Kaki Gunung Salak, Bogor



 Kota Bogor tidak hanya sejuk, namun juga memiliki banyak curug alias air terjun. Apabila mampir ke kaki Gunung Salak, lihatlah air terjun kembar di Curug Cigamea. Dua air terjun ini terletak bersebelahan dan sangat cantik.

Curug Cigamea yang terletak di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah di dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), memang menawan. Travelers berkesempatan mampir pada Senin (13/4/2015) bersama rekan Forum Wartawan Pariwisata Indonesia.

Perjalanan menuju Curug Cigamea berjarak kurang lebih 38 km dari pusat Kota Bogor. Sesampainya di depan pintu gerbang curug, pengunjung sudah dapat melihat Curug Cigamea. Tapi kalau mau lebih jelas, Anda perlu trekking sekitar 15 menit ke bawah.

Sesampainya di bawah, Anda akan dihadapkan pada dua buah air terjun yang terletak bersebelahan, kurang lebih 30 meter jaraknya satu sama lain. Kedua air terjun itu memang terlihat serupa dan sama-sama indah, namun beda tinggi.

"Cigamea artinya gemuruh," ujar pengelola Curug Cigamea yang bernama Asep.

Sebagian besar pengunjung mengenal kedua curug tersebut dengan Curug Cigamea, adapun ternyata Curug Cigamea adalah air terjun pertama di sisi kanan. Sedangkan air terjun kedua yang lebih dalam adalag Curug Cimudal, dengan Curug Ngumpet di atasnya.

Pengunjung umumnya suka menghabiskan waktu dengan basah-basahan di bawah aliran Curug Cimudal yang lebih dalam, di samping Curug Cigamea. Walaupun begitu, ada baiknya Anda tidak mencoba berendam ketika musim hujan, di mana debit airnya sedang tinggi


Saat musim hujan, debit air memang tinggi dan sesekali dapat membawa batu dari aliran sungai. Kejadian tersebut juga membuat pihak pengelola curug lebih siaga dan meningkatkan keamanan demi para pengunjung.

Selain itu terdapat juga fasilitas flying fox yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Wahana flying fox dibuka pada hari Minggu saja, dengan tarif Rp 20 ribu sekali naik.

Cara ke sana:

Bagi Anda yang mau berkunjung menggunakan kendaraan umum, bisa naik angkot 03 jurusan Bubulak, kemudian disambung angkot jurusan Leuwiliang. Turunlah di pertigaan Cibatok atau Cibungbulang, lalu naik angkot lagi ke jurusan Gunung Picung hingga perhentian terakhir angkot. Kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki.

Objek wisata Curug Cigamea buka dari pukul 07.00-17.30 WIB setiap harinya. Tiket masuk adalah Rp 3.500 per orang. Sedangkan tiket masuk ke kawasan Wisata Gunung Salak Endah (GSE) adalah Rp 7 ribu per orang, termasuk kendaraan roda dua.