Akhir Pekan ke Bogor, Yuk Basah-basahan di Curug Nangka

Akhir Pekan ke Bogor, Yuk Basah-basahan di Curug Nangka



Traveler yang ingin menghabiskan akhir pekan ke Bogor, coba singgahi Curug Nangka. Inilah air terjun di kaki Gunung Salak, yang menawarkan kesegaran dan ketenangan. Aliran air terjunnya pun elok dipandang.

Salah satu destinasi andalan Bogor adalah curug alias air terjun.Curug yang cukup terkenal salah satunya adalah curug Nangka tepatnya berada di daerah Ciapus, di lereng kaki Gunung Salak.

Untuk menuju curug ini Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dari Istana Bogor, ambil arah kanan menuju Ciapus dengan jarak tempuh kurang lebih 2,5 jam dari Jakarta. Atau, Anda dapat menggunakan kendaraan umum seperti kereta api turun di Stasiun Bogor lau naik angkot 02 arah Mall BTM dilanjut naik angkot 03 arah Ciapus dan minta turun di Curug. Sampai deh!

Di Curug ini kita dapat menikmati 3 air terjun yang jaraknya tidak terlalu jauh. Ketiga air terjun ini bernama Curug Nangka, Curug Daun dan yang paling terakhir Curug Kawung. Curug Nangka berada tak jauh dari gerbang masuk, letaknya cukup tersembunyi dengan medan yang cukup curam sehingga jarang dikunjungi pengunjung.

Lalu di atas curug ini ada Curug Daun, curug ini mempunyai pancuran kecil melengkung layaknya serat serat daun. Selain itu adanya bebatuan besar dan kolam alami yang terbentuk dari aliran air curug ini bisa kita gunakan untuk berenang ataupun bermain air. Kondisi air di curug ini tidak terlalu dingin.

Jika kita berjalan ke atas lagi kita akan menemukan curug terakhir yaitu Curug Kawung. Curug ini dikelilingi tebing yang menghijau dengan ketinggian kurang lebih 20 meter. Aliran airnya tidak terlalu deras dan merambat pada dinding dinding tebing.

Di bawahnya ada kolom alami yang bisa dijadikan tempat mandi. Berada dinding curug ini sambil mandi kita juga dapat merasakan sensasi dipijat oleh aliran air terjun ini.

Kondisi sekitar kawasan wisata ini bisa dibilang cukup asri dan dipenuhi pepohonan pinus bahkan kita dapat menemukan sekumpulan monyet yang berkeliaran maupun bergelantungan disela sela pepohonan. Akhir pekan biasanya tempat wisata ini ramai dikunjungi selain sebagai tempat wisata biasanya tempat ini dijadikan tempat camping ground para siswa siswi di Bogor.

Di tempat wisata ini juga tersedia arena bermain flying fox yang kalau hari libur rumah pohon yang biasanya dipakai untuk naik flying fox ini ramai,tapi kalau hari biasa sepi tak ada aktivitas. Sehingga rumah pohon ini bisa jadi spot menarik buat foto-foto.

Jadi tunggu apalagi,tak ada salahnya tempat ini menjadi salah satu destinasi akhir pekan yang menarik.