Asyiknya Long Weekend ke Air Terjun Bidadari di Bogor

Asyiknya Long Weekend ke Air Terjun Bidadari di Bogor



Libur panjang memang asyik dihabiskan bersama keluarga. Sebuah destinasi yang seru untuk traveler datangi adalah Air Terjun Bidadari di Sentul, Bogor. Udara sejuk serta pemandangan yang indah, dijamin bikin betah!

Sepekan yang lalu, saya dan keluarga pergi menuju air terjun atau Curug Bidadari di Sentul Paradise. Lokasinya jauh dari perumahan Sentul, sehingga tampaknya tak banyak yang tahu mengenai air terjun ini. Untuk menuju ke sana, sebaiknya keluar di pintu tol Sentul Selatan, lalu belok kiri.

Setelah melewati petunjuk arah padang golf, kemudian belok kiri ke cabang jalan menurun. Pertigaan belok kanan melewati terowongan sampai mentok di pertigaan lagi, lalu belok kiri dan terus aja ikuti petunjuk. Curug Bidadari berada di sebelah kiri jalan.

Di sini treknya seperti jalanan menuju puncak, menanjak dan banyak tikungan tajam. Jadi, berhati-hatilah jika membawa kendaraan. Sampai pintu gerbang Sentul Paradise Park, kami harus membayar tiket masuk. Anak-anak usia 3 tahun ke atas sudah dihitung Rp 25.000 per orang, mobil Rp 10.000 dan motor Rp 5.000.

Curugnya cukup jauh dari gerbang, ditambah kondisi jalan yang masih berbatuan. Kondisi jalan ini tidak setimpal dengan harga tiket yang mahal. Tempat parkir berada tepat di atas Curug Bidadari. Perjalanan dari tempat parkir menuju air terjun tidak jauh.

Di luar dan dalam area terdapat banyak tempat makan, tapi pengunjung diperbolehkan membawa makanan dari luar. Di sini pun disewakan saung Rp 50.000 per 2 jam dan tikar Rp 30.000. Harga tikar hampir sama dengan saung rupanya karena kalau sewa saung hanya untuk 2 jam, sedangkan tikar sepuasnya.

Berhubung saya bawa duo bayi dan kira-kira tidak sampai 2 jam, maka saya memutuskan untuk tidak menyewa keduanya. Kami duduk di pinggir kantin sambil melihat keindahan air terjun yang mengalir deras.

Pemandangan di sini cukup indah, batu alam yang besar dibelah menjadi dua sebagai jalan pintas menuju Curug Bidadari Sentul Paradise Park. Banyak yang berkumpul di sekitar air terjun dan merasakan percikan air. Tidak ada yang berani langsung mandi di bawah air terjun tersebut karena aliran airnya deras sekali.

Terdapat kolam dari air terjun tempat wisatawan berenang. Air di sini berasal dari pegunungan, karena itu airnya dingin sekali. Sebelah kiri sangat dangkal, cocok untuk anak-anak bermain sepeda air dan berenang. Disarankan untuk tidak melepas perhatian kepada anak-anak yang sedang berenang, karena kolam tersebut semakin dalam di sisi kanannya.

Di sini juga disewakan ban dan sepeda air. Ada pula lapak terapi ikan bertarif Rp 20.000 per 30 menit. Di ujung kolam terdapat seluncuran seperti waterboom. Pastikan udara cerah baik saat berpergian dan pulang, karena ketika hujan turun kondisi jalan berubah menjadi offroad.