Bromo, Gunung Wisata Paling Terkenal di Jawa Timur

Bromo, Gunung Wisata Paling Terkenal di Jawa Timur

Bromo, Gunung Wisata Paling Terkenal di Jawa Timur

Bromo adalah nama gunung api aktif yang sangat terkenal sebagai objek wisata di Jawa Timur, lokasi gunung bromo berada di empat wilayah yakni, Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Anda belum dikatakan ke Jawa Timur jika anda belum berkunjung ke Gunung Bromo.

Bromo memiliki ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut, oleh karena itu cuaca disini sangat dingin. Ada yang menarik disini yaitu hamparan lautan pasir seluas 5.250 hektar. Anda bisa menjelajahinya dengan berkuda, jalan kaki atau menaiki kendaraan 4x4.

Foto pemandangan gunung bromo seperti ini bisa diambil dari Gunung Penanjakan

Biasanya para wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke Bromo untuk menikmati keindahan matahari terbit (sunrise) Gunung Bromo yang sangat indah, Gunung Bromo di huni oleh masyarakat suku tengger, setiap setahun sekali diadakan festival yadnya kasada atau kasod. Yaitu mempersembahkan ayam, uang dan sayuran yang dilempar kedalam kawah gunung untuk dipersembahkan kepada dewa.

Gunung Bromo sebenarnya merupakan salah satu anak dari Gunung Tengger yang muncul di tengah Kaldera Gunung Tengger. Gunung Bromo menjadi terkenal karena berkali-kali meletus dan kawahnya selalu dijadikan tempat pembuangan sesajen oleh masyarakat suku tengger.

Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Bromo Tengger Semeru National Park, dimana terdapat beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi.

Apa saja objek wisata di Bromo adalah sebagai berikut (dikumpulkan dari berbagai sumber):

1. Laut Pasir
2. Gunung Bromo
3. Gunung Batok
4. Mata Air Widodaren
5. Goa Widodaren
6. Pura Agung Poten
7. Watu Singa
8. Watu Kuto
9. Padang Savana Tengger
10. Simpang Dingklik
11. Gunung Penanjakan
12. Coban Trisula
13. Jemplang
14. Ranupani
15. Ranu Regulo
16. Ranu Kumbolo
17. Tanjakan Cinta
18. Oro-Oro Ombo
19. Cemoro Kandang
20. Kalimati
21. Arcopodo
22. Puncak Semeru (Mahameru)
23. Ireng-Ireng

Akomodasi

Untuk penginapan di sekitar Bromo banyak terdapat hotel sederhana maupun guesthouse. Untuk hotel di Bromo terdapat di cemorolawang sedangkan untuk guesthouse berada di ngadisari, sekitar 3km dari lereng kawah. Atau anda dapat menginap di kota terdekat dengan Gunung Bromo yaitu Tretes, Pasuruan atau Malang.