Curug Cikaso, Si Hijau Cantik di Sukabumi

Curug Cikaso, Si Hijau Cantik di Sukabumi



Sukabumi menyimpan kecantikan alam yang menggoda traveler untuk terus datang. Salah satunya adalah Curug Cikaso, si hijau cantik yang siap menyambut Anda saat traveling ke Sukabumi. Byurr.. Sejuk dan segar!

Curug Cikaso, terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade. Untuk yang suka berpetualang, pasti tau tentang curug yang satu ini. Cikaso biasanya dijadikan satu paket wisata bersama wisata Ujung Genteng. Tidak akan lengkap kalau ke pantai Ujung Genteng tapi tidak ke air terjun Cikaso.

Menuju ke Cikaso, harus agak berhati-hati karena sangat minim petunjuk di jalan. Kami harus bertanya beberapa kali hingga akhirnya menemukan pertigaan kecil sebelum jembatan yang melintas di atas Sungai Cikaso.

Setelah memarkirkan kendaraan, ada 2 cara mudah menuju ke Curug. Cara pertama dengan berjalan kaki sekitar 15 menit, atau cara kedua dengan menyewa perahu seharga 60.000 per perahu dengan rute pulang pergi yang bisa menampung hingga 6 orang.

Curug Cikaso ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar 100 meter. Dengan 3 aliran air terjun Curug Asepan, Curug Meong dan yang agak sedikit tersembunyi di balik bukit adalah Curug Aki.

Semua aliran ini akan jatuh terkumpul di dalam 1 kolam dengan warna air hijau tosca yang sangat indah. Namun, sangat disayangkan kondisi Curug Cikaso saat ini sudah dikotori dengan sampah. Dengan adanya retribusi kebersihan, seharusnya kebersihan curug ini masih bisa dijaga.

Traveler jangan lupa juga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Jangan dibiarkan kantong plastik, bungkus makanan dan sabun berserakan dimana-mana. Buanglah sampah pada tempatnya demi kebaikan bersama. Selamat traveling!