Curug Cimarinjung, Serasa Kembali ke Zaman Purba

Curug Cimarinjung, Serasa Kembali ke Zaman Purba


Curug Cimarinjung terletak di Desa Ciwaru, Sukabumi, Jawa Barat. Air terjun yang dikelilingi tumbuhan hijau dan banyak batu besar ini membuat kita seperti sedang di zaman purba!

Untuk mencapai lokasi Curug Cimarinjung bisa menggunakan kendaraan dengan akses jalan yang sedikit rusak. Perjalanan akan dilanjutkan menyusuri saluran irigasi persawahan hingga kita berpapasan dengan batu besar yang seolah menghalangi jalan kita.

Perlu sedikit merayap di batu ini untuk melewatinya. Di balik batu ini, terpampanglah kemegahan Curug Cimarinjung. Jika mau diandaikan, berada di wilayah ini baru benar-benar terasa bahwa kita ada di situs sejarah.

Dengan batu-batu besar berwarna merah kecoklatan ditambah tumbuhan hijau yang merambat di tebing batu, rasanya ada di zaman Dinosaurus hanya minus T-Rex. Kekhasan pemandangan di sini adalah adanya 2 batu besar yang mengapit aliran Sungai Cimarinjung sebelum aliran ini jatuh lagi ke bawah.

Sayang saat kami di sana, aliran sungai cukup deras. Jadi kami tidak leluasa untuk mengambil foto sang Cimarinjung dari berbagai sudut. Di seberang tempat kami berdiri ada 1 pohon yang bentuknya menyerupai pohon bonsai versi raksasa.

Padahal jika kami bisa sampai ke seberang sana, kami dapat melihat barisan tebing hijau dengan aliran curug di sebelah kirinya. Tapi terlepas dari gagalnya kami menyebrang, Cimarinjung tetap indah dengan kemegahan tebing dan sejuk pepohonan hijau di sekelilingnya.

Curug Cimarinjung dengan ketinggian 45 m wajib dikunjungi. Terlepas dari akses jalan kendaraan yang rusak sehingga memperlambat waktu tempuh, rasanya akan terbayar dengan keindahan Cimarinjung ini. Bahkan indahnya curug ini bisa kita nikmati dari kejauhan juga.