Kemilau Sunset di Ujung Genteng

Traveler pecinta pantai wajib datang ke Ujung Genteng di Sukabumi, Jawa Barat. Airnya jernih, ombaknya cukup besar dan ada sunset fotogenik yang muncul di setiap senja.

Ujung Genteng, sebuah daerah di pesisir selatan Jawa yang masuk dalam Kabupaten Sukabumi. Nama Ujung Genteng memang pantas karena letaknya di ujung dan menjorok ke laut.

Perjalanan dimulai dari bekasi jam 5 pagi. Perjalanan lancar sampai kami singgah sebentar di Pelabuhan Ratu untuk makan siang dan melanjutkan perjalanan kembali.

Kami kembali melewati Cikidang yang pernah saya lewati ketika menuju ke Sawarna. Rute ini jauh lebih dekat daripada harus memutar melalui Sukabumi. Jalur yang kami ambil adalah Bekasi-JORR-Jagorawi-Cibadak-Cikidang-Pelabuhan Ratu-Ujung Genteng.

Tiba di Ujung genteng jam 4 sore. Perjalanan yang cukup menguras tenaga terbayar dengan keindahan pantai yang sangat menawan. Tampak garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih.

Setelah beristirahat sebentar, jam sudah menunjukkan pukul 17.00 WIB. Ini adalah waktu favorit saya karena sebentar lagi akan ada sunset. Suatu momen yang memang sangat ditunggu-tunggu oleh para fotografer.

Puas berburu sunset, saya memilih untuk istirahat di homestay. Malam itu hujan gerimis turun, udara cukup sejuk untuk sebuah pantai sehingga tidurpun nyenyak.

Mentari pagi belum menunjukkan sinar paginya, karena masih pukul 03.00. Di homestay, kami sudah sibuk mempersiapkan apa saja yang akan dibawa karena hari ini rencananya akan mengunjungi Cikaso, Pantai Amanda Ratu dan penangkarang penyu.

Setelah siap, kami bergegas berangkat menuju ke ujung dari pantai ujung genteng untuk melihat sunrise. Perjalanan hanya sekitar 5 menit menggunakan Mobil.

Ternyata di sini ada tempat pelelangan ikan dan banyak kapal-kapal nelayan yang tertambat di pantai tersebut. Tadinya saya berencana ingin mengambil foto star trail, tetapi langit sedikit mendung dan saya sudah kesiangan.

Sesampainya di pantai, saya menyiapkan tripod, kamera dan tentunya filter GND yang menjadi senjata utama saya dalam mengambil foto sunrise dan sunset. Setelah menunggu cukup lama akhirnya matahari menampakkan dirinya.