Liburan ke Sukabumi kunjungi Air Terjun Sodong

Liburan ke Sukabumi kunjungi Air Terjun Sodong



Air Terjun Sodong di Sukabumi ini memiliki kecantikan yang menawan hati, mengundang pengunjung untuk bermain air. Namun harus berhati-hati jika ingin mandi, air terjun ini pernah memakan korban jiwa.

Air Terjun Sodong alias Curug Cikanteh alias Curug Kembar alias Curug Penganten terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Untuk aksesnya sudah lumayan baik dengan jalan beraspal dan pemandangan sawah yang membuat segar mata.

Mungkin bisa dikatakan lukisan anak-anak SD berupa 2 gunung kembar, jalan berliku, sawah dan rumah terinspirasi dari pemandangan seperti ini, bahkan di sini lebih lengkap dengan adanya penampakan Air Terjun Sodong di kejauhan. Jika dilihat dari kejauhan, puncak air terjun ini memiliki 1 aliran sebelum jatuh ke undakan pertama dan akhirnya jatuh menjadi 2 bagian air terjun ke kolam di bawahnya.

Air terjun teratas dinamakan Air Terjun Cikanteh, air terjun ke 2 agak sulit terlihat karena terhalang pepohonan adalah Air Terjun Ngelay, yang terakhir dengan 2 aliran adalah Air Terjun Sodong atau Kembar atau sering di rangkum menjadi Air Terjun Cikanteh.

Air Terjun Sodong bisa dikategorikan sebagai air terjun yang mudah untuk dikunjungi, untuk pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya tepat menghadap Air Terjun Sodong ini. Setelah parkir, hanya dibutuhkan waktu 5 menit berjalan kaki untuk merasakan sejuknya Air Terjun Sodong.

Karena keadaan air yang bersih ini pula, lokasi ini sering dijadikan lokasi untuk camping. Biar pun Air Terjun Sodong ini bisa digunakan untuk mandi, pengunjung tetap diharapkan untuk berhati-hati.

Air terjun indah ini ternyata satu-satunya air terjun yang pernah memakan korban jiwa. Sepasang remaja pernah tenggelam saat berenang di kolam ini. Kontur tanah di dasar kolam yang tidak landai, ditambah derasnya air membuat orang sulit untuk berenang kembali ke permukaan.