Menyelami keindahan Taman Laut Nasional Bunaken di Manado Yang Indah

Menyelami keindahan Taman Laut Nasional Bunaken di Manado Yang Indah

Menyelami keindahan Taman Laut Nasional Bunaken di Manado Yang Indah


Taman Laut Nasional Bunaken terletak di teluk Manado, Sulawesi, Indonesia. Tempat wisata di Manado ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang mendunia. Menyelami keindahan bawah laut taman nasional Bunaken merupakan salah satu kegiatan yang wajib anda lakukan ketika berkunjung ke Manado.

1. Transportasi Ke Bunaken
2. Tarif Kapal Ke Bunaken
3. Harga Tiket Masuk Ke Bunaken
4. Spot Penyelaman di Bunaken
5. Tips Wisata Ke Bunaken


Pulau Bunaken merupakan salah satu dari 5 Pulau yang berada di taman nasional Bunaken, empat pulau lainnya yaitu Pulau Siladen, Pulau Manado Tua, Pulau Matehage dan Pulau Naen. Taman laut Bunaken merupakan salah satu objek pariwisata andalan Manado. Disini anda bisa melihat keindahan keindahan terumbu karang yang masih terawat dan berbagai jenis ikan yang tinggal di bawah laut Bunaken.

Menyelam di Bunaken

Taman Nasional Laut Bunaken adalah taman laut pertama di dunia yang didirikan pada 1991 dan telah dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada 2005. Tempat wisata di Manado ini merupakan salah satu lokasi penyelaman terbaik di Indonesia, sudah seharusnya wisatawan dari Indonesia maupun mancanegara yang berkunjung kesini tetap menjaga kelestarian alamnya dengan tidak mengotori atau merusak taman laut ini.

Transportasi Ke Bunaken

Untuk menuju taman laut Bunaken, anda bisa melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) dan Marina Blue Banter. Dari pelabuhan Manado menuju Pulau Bunaken memakan waktu kurang lebih 30-45 menit, dari NDC ke lokasi penyelaman Pulau Bunaken membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit, sedangkan dari Marina Blue Banter ke Pulau Bunaken dengan menggunakan kapal pesiar/feri menempuh perjalanan sekitar 10-20 menit.

Tarif Kapal Ke Bunaken

Untuk tarif kapal ke Bunaken, anda bisa menyewa kapal dari dua tempat yaitu Pasar Bersehati atau Marina, sewa kapal dari Pasar Bersehati ke Bunaken tarifnya berkisar antara Rp 300.000 - Rp 400.000. Sedangkan jika dari Marina tarifnya sekitar Rp 600.000 - Rp 800.000. Atau jika anda ingin yang lebih murah bisa menggunakan kapal tradisional dengan tarif Rp 50.000 per orang.

Harga Tiket Masuk Bunaken

Untuk memasuki kawasan wisata ini anda harus membeli tiket masuk, harga tiket masuk kawasan Pulau Bunaken berkisar Rp. 25.000 - Rp. 50.000 anda dapat membelinya di Manado atau langsung di Taman Nasional Bunaken.

Spot penyelaman Bunaken

Menurut situs pariwisata Indonesia, spot/tempat penyelaman (diving) terbaik Bunaken berada di lokasi sebagai berikut:

Tembok Lekuan I,II,III
Tanjung Kopi
Muka Gereja
Siladen
Puncak Barakuda
Mandolin
Bunaken Timor
Reruntuhan Kapal di Manado


Tips Wisata Ke Bunaken

Bagi anda yang ingin berwisata ke Bunaken sebaiknya anda mencari informasi terlebih dahulu tempat-tempat mana yang ingin anda kunjungi di Bunaken, jangan sampai ketika di Bunaken anda tidak mengetahui lokasi penyelaman atau tempat wisata yang ada disini.

Untuk budget sebaiknya anda membawa budget lebih karena sewaktu-waktu tarif dapat berubah, sebelum menaiki kapal lebih baik anda bertanya terlebih dahulu mengenai rincian fasilitas yang disediakan oleh kapal tersebut, misalnya seperti apakah harus sewa pemandu untuk menyelam, harus memiliki sertifikat diving, asuransi atau lain-lainnya yang ingin anda lakukan dan anda butuhkan di Bunaken.

Lebih baik anda bersama kerabat anda yang sudah pernah berkunjung ke Bunaken, ikut rombongan atau menggunakan agen travel yang menyediakan paket/tour wisata ke Bunaken yang tersedia. Semua ini tentunya demi kenyamanan anda dalam berwisata ke Bunaken.