Pantai Plengkung Tempatnya Berselancar di Jawa Timur

Pantai Plengkung Tempatnya Berselancar di Jawa Timur

Pantai Plengkung Tempatnya Berselancar di Jawa Timur


Pantai plengkung atau biasa disebut G-Land merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi, Jawa Timur yang menjadi tujuan para peselancar dunia. Bahkan pantai ini dijuluki "The Seven Giant Waves Wonder" oleh peselancar dunia karena memiliki 7 gulungan ombak hingga setinggi 6 meter.


Ada beberapa alasan kenapa pantai plengkung disebut G-Land oleh turis asing. Kata G merujuk kepada tiga alasan. Pertama G untuk Great, kedua untuk Green, G ketiga untuk Grajagan. Karena pantai plengkung berada di teluk Grajagan yang masih berada di kawasan taman nasional alas purwo.


Indonesia mesti berbangga memiliki pantai plengkung, karena pantai dengan ombak seperti itu hanya ada empat di dunia. Yaitu Hawai, Australia, Afrika Selatan dan Indonesia. Ombak di plengkung menempati urutan kedua setelah hawai.

Ada tiga tingkatan ombak di Pantai Plengkung, masing-masing berada di wilayah yang berbeda. Tingkatan pertama bernama Kong dengan ombak setinggi 6-8 meter. Tingkatan kedua bernama speedis dengan ombak setinggi 4-5 meter. Kemudian terakhir many track ombaknya setinggi 3-4 meter.

Bagi anda yang tidak bisa berselancar anda bisa menonton para surfer beraksi, atau anda juga bisa berjalan menyusuri pasir putih pantainya. Selain pantai Pelengkung anda juga bisa mengunjungi Pantai Pancur, Pantai Batu Lawang, Pantai Parang Ireng, Pantai Gotri, Pantai Grajagan.

Bulan terbaik mengunjungi pantai plengkung adalah Mei-Oktober. Mengutip situs pariwisata Indonesia, Juli-September adalah waktunya peselancar dunia berdatangan kesini.