Pesona Pulau Sempu di Malang Dengan Laguna Segara Anakan

Pesona Pulau Sempu di Malang Dengan Laguna Segara Anakan

Pesona Pulau Sempu di Malang Dengan Laguna Segara Anakan

Pulau Sempu adalah sebuah Pulau yang berada di Malang tepatnya di desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing wetan, Pulau Sempu yang merupakan kawasan cagar alam ini juga sering dikunjungi para wisatawan karena tempatnya yang sangat menarik dan indah untuk dinikmati.


Pulau Sempu di Malang ini memiliki daya tarik berupa pemandangan alam dengan laguna segara anakan seluas 4 Ha yang berada di bagian barat daya Pulau. Air yang berada di segara anakan Pulau Sempu ini berasal dari deburan ombak air laut yang masuk melalui karang yang berlubang ditengahnya.


Sejak 1928 Pulau Sempu yang memiliki luas 877 Ha ini sudah ditetapkan sebagai cagar alam dan di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia, di Pulau ini terdapat berbagai macam satwa liar serta tumbuhan yang bisa ditemui.


Lokasi Pulau Sempu sangat mudah dicapai, bagi pengunjung yang ingin ke Pulau Sempu anda harus meminta izin terlebih dahulu untuk memasukinya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian habitat dan lingkungan sekitar Pulau Sempu yang merupakan cagar alam.

Pengunjung yang ingin ke Pulau Sempu bisa menyewa perahu dari Pantai Sendang Biru, dengan rute Malang - Turen - Sendang Biru - Pulau Sempu. Setelah sampai tujuan anda harus trekking melintasi hutan dengan jalan yang berlumpur dan licin sebelum sampai ke lokasi laguna segara anakan Pulau Sempu.