Pesona Wisata Pulau Tidung di Kepulauan Seribu

Pesona Wisata Pulau Tidung di Kepulauan Seribu
Pesona Wisata Pulau Tidung di Kepulauan Seribu


Pulau tidung adalah salah satu tempat wisata di kepulauan seribu yang terletak di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pulau tidung memiliki pasir pantai berwarna putih selain itu ombaknya juga tidak terlalu besar. Pulau ini terbagi menjadi dua yaitu tidung kecil dan tidung besar kedua Pulau tersebut dihubungkan dengan jembatan sepanjang kurang lebih 800 meter yang dinamakan Jembatan Cinta.

Salah satu daya tarik wisata pulau Tidung adalah Jembatan Cinta, percaya atau tidak sesuai dengan namanya jembatan tersebut ternyata menyimpan sebuah mitos yang menurut penduduk setempat bisa melanggengkan pasangan maupun mendapatkan jodoh bagi wisatawan yang mengunjunginya. Spot paling terkenal adalah di cekungan jembatan di mana mitos tersebut diyakini.

Transportasi Ke Pulau Tidung

Untuk menuju ke Pulau Tidung terdapat dua pilihan cara, anda bisa melalui Dermaga Muara Angke menggunakan kapal kapal kayu bermotor dengan lama perjalanan sekitar 2-3 jam dan tarif Rp. 35.000 per orang atau dari Dermaga Marina Ancol menggunakan KM kerapu dengan tarif Rp. 32.000 dengan waktu tempuh 20-30 menit namun harga tersebut belum termasuk tiket masuk ancol.

Kegiatan di Pulau Tidung

Anda bisa menikmati semilir angin di Pulau Tidung dengan keindahan pasir putih dan air lautnya yang jernih kebiruan dari tepi pantai, ombaknya yang tidak terlalu besar sangat memungkinkan untuk anda yang suka berenang atau menikmati keindahan bawah lautnya dengan snorkeling atau diving. Selain itu wisatawan juga bisa mengelilingi Pulau tidung dengan bersepeda atau sekedar mengabadikan momen bersama keluarga, teman maupun pasangan anda sambil menikmati sunset di Pulau Tidung. Oh ya, tak lupa juga anda bisa menikmati berbagai kegiatan air seperti banana boat, jetski, kano dan kegiatan air lainnya.

Akomodasi

Untuk akomodasi anda tidak perlu khawatir karena Pulau Tidung adalah tempat wisata, untuk urusan penginapan tersedia homestay atau rumah penduduk yang sengaja dibangun untuk tempat menginap. Untuk makan juga tersedia warung-warung yang menyediakan berbagai jenis masakan untuk anda.

Biaya Ke Pulau Tidung

Untuk biaya ke pulau tidung sewaktu waktu dapat berubah sebaiknya anda membawa uang tunai dan budget lebih karena di Pulau Tidung tidak ada ATM. Berikut ini rincian biaya ke Pulau Tidung diolah dari berbagai sumber.

Tarif kapal dari Dermaga Muara Angke ke Pulau Tidung Rp. 30.000 - Rp. 50.000 per orang (tergantung kapal yang anda gunakan).
Tarif kapal dari Dermaga Marina Ancol Rp. 30.000 - Rp. 50.000 per orang (Tergantung kapal yang anda gunakan dan Belum termasuk tiket masuk ancol).
Biaya Penginapan di Pulau Tidung Rp. 350.000 - Rp. 700.000.
Sewa sepeda Rp. 10.000 seharian.
Becak motor Rp. 35.000 sekali jalan.
Jetski Rp. 150.000 per 15 menit.
Alat Snorkeling Rp. 35.000, bila ingin didampingi pemandu sambil memberi makan ikan bisa menambah Rp.100.000 (belum termasuk sewa perahu jika ingin snorkeling di tempat yang agak jauh)