Pesona Wisata Teluk Kiluan Lampung Yang Menawan

Pesona Wisata Teluk Kiluan Lampung Yang Menawan


Teluk Kiluan merupakan tempat wisata di Lampung yang bisa anda kunjungi. Seperti halnya Pantai Lovina Bali, tempat ini menawarkan objek wisata berupa Pantai dan pemandangan lumba-lumba di lautan lepas. Teluk ini berada di Desa Kiluan, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.
lumba-lumba teluk kiluan lampung

Disini anda bisa melihat dua jenis lumba-lumba yaitu lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris). Jumlah mamalia tersebut diperkirakan mencapai ribuan dan katanya jumlah lumba-lumba yang melintas disini merupakan yang terbesar di dunia.

Teluk Kiluan merupakan jalur migrasi dua jenis lumba-lumba tersebut, maka tak heran kenapa wisatawan bisa melihat banyak lumba-lumba disini. Lumba-lumba merupakan mamalia yang cukup bersahabat dengan manusia, mereka senang bermain dan mendekati kapal seolah-olah sedang menyapa pengunjung.

Untuk bisa melihat atraksi lumba-lumba disini tentunya anda harus berangkat pada pukul 06.00 pagi, dari pesisir pantai anda harus menyewa perahu ketinting atau jukung menuju ke tengah laut. Dalam perjalanan bersiap-siaplah siapa tahu lumba-lumba berenang disamping perahu anda.

Setelah puas melihat lumba-lumba biasanya para wisatawan mengunjungi Pulau Kiluan atau Pulau Kelapa, yaitu pulau kecil yang berada di area Teluk Kiluan luasnya sekitar 6 hektar. Untuk bisa masuk ke Pulau ini wisatawan diwajibkan membayar retribusi Rp. 15.000, disini juga tersedia penginapan untuk para wisatawan yang ingin menginap.

kiluan lampung

Selain itu, di Kiluan jangan lupa untuk mengunjungi sebuah laguna, yaitu kolam renang alami berupa air laut yang terjebak di bebatuan. Untuk menuju kesini anda harus trekking kurang lebih 20-30 menit dengan jalur yang cukup berbahaya berupa bebatuan yang cukup licin sehingga anda harus berhati-hati.

Transportasi

Dari Jakarta ke Lampung anda bisa menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, atau dengan pesawat jika ingin lebih cepat, setelah itu dilanjutkan melalui jalur darat. Ketika anda melihat rumah penduduk dengan ornamen khas Bali berarti perjalanan anda menuju teluk Kiluan sudah dekat.