Raja Ampat, Destinasi Wisata Unggulan di Papua

Raja Ampat, Destinasi Wisata Unggulan di Papua

Raja Ampat, Destinasi Wisata Unggulan di Papua


Raja Ampat adalah sebuah kabupaten di Papua Barat. Jika anda melihat peta Indonesia maka Raja Ampat berada di bagian kepala burung (vogelkoop). Raja Ampat memiliki garis Pantai sepanjang 753 km.


Dari ribuan pulau yang ada hanya 34 pulau saja yang berpenghuni, empat diantaranya merupakan pulau besar yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati dan Pulau Misool.
Wayag Raja Ampat

Raja Ampat memiliki 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Hampir 75% persen spesies laut dunia ada disini, hal ini menjadikan Raja Ampat sebagai pusat keanekaragaman hayati laut tropis terkaya di dunia.


Keindahan di darat maupun bawah laut Raja Ampat menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata unggulan di Papua. Para penyelam datang dari seluruh dunia untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Selain menyelam anda juga bisa menjelajahi pulau dengan menyewa perahu, menikmati keindahan pulau-pulau karang (karst) disekitar pulau wayag, mengunjungi goa dengan lukisan telapak tangan dari masa prasejarah atau trekking untuk menemukan air terjun.

Saat terbaik mengunjungi Raja Ampat adalah ketika air laut sedang tenang, yaitu sekitar bulan Oktober atau November.

Cara Menuju Raja Ampat

Jika anda dari Jakarta, pertama-tama harus menuju ke Sorong kurang lebih memakan waktu 4 jam dengan menggunakan pesawat. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kapal menuju Waisai yang akan memakan waktu kurang lebih 2-3 jam. Waisai merupakan pintu gerbang kabupaten Raja Ampat.