Teluk Cileteuh, Alam Surgawi di Selatan Sukabumi

Teluk Cileteuh, Alam Surgawi di Selatan Sukabumi


Ini dia satu lagi harta karun tersimpan dari Sukabumi, Jawa Barat. Teluk Cileteuh adalah sebuah kawasan geopark yang memiliki pemandangan luar biasa. Mengunjunginya bisa membuat Anda terkagum-kagum.

Sukabumi memang menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Destinasi wisata yang saya jelajahi kali ini yaitu salah satu kawasan geopark yang sedang dicanangkan oleh pemerintah kepada UNESCO sebagai salah satu Taman Bumi yaitu Teluk Cileteuh.

Teluk ini memisahkan Pantai Pelabuhan Ratu dengan Ujung Genteng. Untuk menuju kawasan ini tidaklah mudah, pada beberapa titik jalan mengalami banyak kerusakan dengan kontur jalan yang berbukit. Namun pemandangan alam akan memanjakan mata sepanjang perjalanan.

Di kawasan ini saya mengunjungi Curug Cimarinjung tepatnya di Desa Ciwaru. Limpahan air terjun ini langsung mengalir ke sungai yang langsung bermuara ke laut tepatnya Pantai Palangpang. Selain itu bentuk curug yang bertingkat dua ini punya pancuran yang cantik, seperti sedang menyambut kehadiran orang yang mengunjunginya.

Curug ini juga berguna sebagai sarana irigasi bagi persawahan penduduk desa di sekitarnya. Letaknya yang berada di dinding-dinding tebing tinggi membuat curug ini bisa terlihat dari kejauhan. Sepanjang tebing ini banyak sekali air terjun yang bisa kita lihat. Sayangnya saya belum sempat untuk menjelajahi air terjun tersebut.

Perjalanan yang kami tempuh untuk sampai ke tempat ini hampir 10 jam dengan rute Jakarta-Bogor-Ciawi-Cibadak-Pelabuhan Ratu-Simpenan-Kiara Dua-Ciemas-Taman Jaya-Ciwaru. Kami sempat beristirahat di Pantai Citepus Pelabuhan Ratu lalu melanjutkan perjalanan kembali. Bagi Anda pecinta fotografi lanskap, kawasan geopark ini saya rasa takkan membuat Anda kecewa dan tentunya wajib untuk dikunjungi.