Tempat Wisata di Anambas Yang indah

Tempat Wisata di Anambas Yang indah

Tempat Wisata di Anambas Yang indah

Anambas adalah salah satu Pulau di Indonesia yang berlokasi di Laut China Selatan atau Laut Natuna. Secara administratif Kepulauan Anambas adalah bagian dari Kepulauan Riau yang merupakan hasil pemekaran Kabupaten Natuna. Anambas mempunyai 238 Pulau dan hanya 26 Pulau saja yang berpenghuni.

Wisata ke Anambas akan menjadi sesuatu yang mengasyikan untuk anda, terlebih lagi banyak tempat wisata di Anambas yang indah untuk anda jelajahi. Banyak Pantai dengan pasir putih, terumbu karang yang memukau, pemandangan alam yang indah, serta air laut yang sangat jernih hingga anda bisa melihat ikan-ikan dengan jelas dari atas permukaan air.

Pulau Durai

Pulau Durai terletak di Kecamatan Palmatak, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau. Pulau Durai adalah tempat yang harus anda kunjungi ketika berwisata ke Anambas, hamparan pasir laut putih dengan air yang jernih akan menyambut kedatangan anda. Selain menjadi tempat wisata, Pulau Durai juga merupakan konservasi penyu sisik dan penyu belimbing. Anda bisa melihat penyu naik ke daratan dan bertelur disini.

Pulau Ayam

Pulau Ayam di Anambas juga merupakan salah satu bagian dari Pulau yang indah di Anambas. Tidak ada sumber yang jelas kenapa dinamakan Pulau Ayam, konon katanya dinamai Pulau Ayam karena dari jauh sekilas bentuk Pulau ini seperti ayam. Anda bisa menuju ke Pulau Ayam ini dari Letung atau Tarempa dengan menyewa speed boat tarifnya berkisar Rp. 500.000 - Rp. 700.000.

Pulau Bawah

Pulau Bawah adalah Pulau di Anambas yang mendapatkan predikat sebagai Pulau tropis terindah dari CNN, yang mengalahkan 4 pulau tropis lainya, yaitu Koh Cang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Teluk Halong (Vietnam), dan Similand Islands (Thailand). Pulau Bawah terletak di Kecamatan Siantan Selatan.

Pulau Penjalin

Pulau Penjalin berada di kecamatan Palmatak, Anambas, Kepulauan Riau. Pula ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih, sekelilingnya dihiasi dengan batuan yang terbentuk secara alami membuatnya terlihat sangat indah. Disini anda bisa berenang, snorkeling serta menjelajah bukit kecil dengan jalur yang menantang dan disekitarnya terdapat pohon mangga dan jeruk. Pulau ini dapat dicapai dengan waktu 90 menit dari Kota Tarempa.

Pantai Padang Melang

Pantai Padang Melang berada di Kecamatan Jemaja, Kelurahan Letung. Pantai ini berbentuk melengkung sepanjang 8 km menembus Desa Bukit Padi. Disini tersedia gazebo untuk anda beristirahat, kedai makanan dan minuman, kamar ganti, toilet dan surau kecil. Untuk menuju Pantai Padang Melang dari Kota Letung hanya 30 menit saja menggunakan kendaraan bermotor mengikuti jalur Letung-Kuala Maras, sedangkan dari Kota Tarempa anda harus melalui jalur laut dengan waktu 2 jam.

Air Terjun

Air Terjun Temburun AnambasSelain Pantai, anda bisa mengunjungi air terjun Temburun yang lokasinya berada di Desa Temburun, Siantan Timur. Untuk mencapai air terjun ini anda bisa menggunakan sepeda motor dengan jalan yang licin dan berlubang, melintasi beberapa kawasan seperti Kampung Baru, Bukit Tengkorak, Kampung Tengah hingga ke Desa Rintis sebelum akhirnya sampai di lokasi air terjun.

Anda juga bisa menggunakan pompong atau boat dari Pelabuhan Pemda Tarempa kemudian ke Dermaga Desa Temburun dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Selain itu ada juga air terjun neraja atau yang biasa disebut air terjun ulu maras lokasinya berada ditengah pegunungan Desa Ulu Maras dan terakhir ada air terjun air bini yang berada di Desa Air Bini.