Tempat Wisata di Pulau Weh Kota Sabang Yang Bisa Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Pulau Weh Kota Sabang Yang Bisa Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Pulau Weh Kota Sabang Yang Bisa Anda Kunjungi


Pulau Weh merupakan sebuah pulau yang terletak di paling barat Indonesia dan terpisah dari daratan Aceh di Pulau Sumatera, Pulau Weh ini secara administratif merupakan bagian dari Provinsi Aceh. Sedangkan Kota Sabang merupakan kota yang berada di paling barat Indonesia yang terletak di Pulau Weh.

Banyak tempat wisata di Sabang atau Pulau Weh ini yang bisa anda kunjungi, Pulau ini memiliki panorama alam yang indah dan tentunya wisata bahari merupakan salah satu yang menjadi andalan pariwisata di Sabang atau Pulau Weh ini, selain wisata bahari disini juga terdapat air terjun, gunung dan tempat peninggalan pasca perang dunia seperti berikut ini.

1. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer berada di dalam kawasan hutan wisata jaraknya sekitar 30 km dari Kota Sabang tepatnya di Kecamatan Sukakarya. Tugu Nol Kilometer ini merupakan penanda geografis Indonesia sebagai simbol perekat Nusantara. Tempat ini sering dikunjungi para wisatawan yang berkunjung ke Sabang, selain mengabadikan momen di depan Tugu Nol Kilometer ini pemandangan laut lepas dari atas tugu ini juga cukup menarik untuk anda saksikan.

2. Pantai Iboih

Pantai Iboih berada tidak jauh dari Tugu Nol Kilometer Sabang sehingga anda bisa mengunjung Pantai Iboih terlebih dulu maupun sebaliknya, Pantai Iboih lokasinya berada di Kecamatan Sukakarya. Disini sebenarnya ada dua pantai yaitu Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Sirkui yang keduanya memiliki ciri masing-masing, namun para wisatawan lebih akrab menyebutnya dengan Pantai Iboih.

3. Pantai Gapang

Pantai Gapang ini berada tidak jauh dari Pantai Iboih, Pantai Gapang memiliki pasir putih dan air lautnya yang jernih tidak kalah dengan Pantai Iboih. Bagi para wisatawan yang akan menuju ke tugu titik nol kilometer Indonesia di Sabang pasti akan melewati Pantai Gapang dan Pantai Iboih. Nama Pantai Gapang ini diambil dari nama pohon yang ada di sekitar Pantai ini.

4. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam namanya diambil dari nama desa dimana pantai ini berada yaitu di Desa Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Sabang jaraknya sekitar 15 km dari Kota Sabang. Pantai ini berbeda sendiri dengan pantai yang ada di Pulau Weh lainnya karena Pantai Anoi Itam ini berpasir hitam sedangkan pantai yang ada di Pulau Weh ini semuanya berpasir putih.

5. Benteng Jepang Anoi Itam

Tidak jauh dari lokasi Pantai Anoi Itam terdapat sebuah benteng peninggalan Jepang, benteng ini merupakan situs bersejarah di Pulau Weh Sabang yang bisa anda kunjungi. Disini anda bisa melihat bunker dan meriam peninggalan Jepang, selain itu dari atas bukit dimana lokasi benteng ini berada wisatawan juga bisa melihat pemandangan ke laut lepas dan melihat pantai anoi hitam dari ketinggian.

6. Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot berada di Desa Pria Laot, Kecamatan Sukakarya, Sabang, jaraknya sekitar 13 km dari Kota Sabang. Air terjun ini berada di tengah hutan sehingga untuk menuju ke lokasi air terjun pria laot ini anda harus berjalan kaki sekitar 15-20 menit dari tempat parkir melalui jalan yang telah disediakan.

7. Gunung Berapi Jaboi

Selain pantai, air terjun, tugu nol kilometer dan juga benteng bersejarah peninggalan Jepang di Sabang, wisatawan juga bisa berkunjung ke Gunung Berapi yang ada di Sabang bernama Gunung Berapi Jaboi. Gunung ini berada di Kecamatan Sukajaya, terletak tidak jauh dari Balohan.

8. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga lokasinya berada di Ie Meule, Kecamatan Sukajaya, Sabang, Pulau Weh, Aceh, untuk bisa mencapai lokasi Pantai Sumur Tiga ini dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Kota Sabang, Pantai ini diberi nama sumur tiga karena disini terdapat tiga sumur air tawar. Pantai ini berpasir putih dan air lautnya juga jernih.

9. Pantai Kasih

Pantai Kasih merupakan Pantai di Pulau Weh atau Sabang yang jaraknya paling dekat dari pusat Kota Sabang, Pantai Kasih ini memiliki hamparan pasir putih yang luas serta terdapat batu karang yang berada di kedua sisinya.