Tempat Wisata Menawan di Kota Bengkulu

Tempat Wisata Menawan di Kota Bengkulu

Tempat Wisata Menawan di Kota Bengkulu


Bengkulu adalah sebuah Provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir barat Pulau Sumatera. Luas wilayah Provinsi Bengkulu kurang lebih 1.978.870 hektar dan berbatasan dengan Samudera Indonesia. Bengkulu juga menjadi tempat pertama kali ditemukannya bunga terbesar di dunia yang bernama Rafflesia Arnoldi oleh Sir Stamford Raffles dan Dr Joseph Arnold. Berikut ini tempat wisata di Kota Bengkulu.

1. Pantai Panjang

Pantai Panjang adalah Pantai yang paling ramai dikunjungi ketika liburan di Bengkulu dan letaknya sangat strategis yaitu berada di Pusat Kota. Pantai Panjang memiliki pasir putih dan memanjang sepanjang 7 kilometer. Bagi anda yang ingin menghabiskan liburan disini sebaiknya berhati-hati karena ombaknya cukup besar.

2. Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah, menurut saya nama ini cukup unik dan menggelitik. Dibalik nama tersebut ternyata ada dua cerita, pertama ada sepasang kekasih yang kasihnya tak kesampaian kemudian menceburkan diri ke danau tersebut, kedua pada zaman pendudukan Belanda membuat Dam di danau ini yang tak pernah sudah atau selesai. Danau Dendam Tak Sudah juga menjadi tempat tumbuhnya anggrek panda.

3. Pulau Tikus

Satu lagi nama Pulau di Bengkulu yang cukup unik yaitu Pulau Tikus. Pulau tikus di Bengkulu ini memang tidak terlalu besar, tetapi bisa menjadi wisata yang menyenangkan bagi anda yang hobi menyelam, snorkeling maupun memancing. Menurut informasi, pada malam hari di sepanjang Pantai Pulau Tikus ada lokasi tempat bertelurnya Penyu Sisik dan Penyu Hijau. Lokasinya bisa dicapai dengan menggunakan perahu kurang lebih 30 menit dari Pantai Tapak Paderi.

4. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi lokasinya berjarak 10 km dari pusat kota Bengkulu dan berada diantara Pantai Panjang dan Pantai Jakat. Objek wisata di Bengkulu ini merupakan gabungan antara wisata bahari dan sejarah karena, selain bermain air di Pantai ini anda juga bisa mengunjungi benteng yang dibangun oleh Pemerintah Inggris ketika masa pendudukan yaitu Benteng Marlborough. Selain itu disini ada juga Kampung Cina.

Kuliner Bengkulu

Menikmati wisata di Kota Bengkulu kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Bengkulu seperti Pendap Ikan Pais, makanan yang terbuat dari rempah2, daun talas, dan ikan pais (ikan pepes yang terbuat dari ikan gebu atau ikan buli), yang disajikan dengan nasi putih.

Selain itu ada juga lempuk atau dodol durian, satu lagi makanan khas Bengkulu yaitu bagar hiu, makanan ini sekilas mirip rendang tapi tidak menggunakan santan dan daging sapi, melainkan menggunakan kelapa yang disangrai dan daging hiu. Untuk menemukan makanan bagar hiu cukup sulit jika tidak bulan puasa.

Transportasi ke Bengkulu

Untuk menuju ke Bengkulu sangat mudah, anda bisa mengaksesnya dari Medan, Padang, Jakarta dengan menggunakan transportasi darat, laut, maupun udara.