Wisata Alam Sambil Bersih-bersih di Situ Gunung

Situ Gunung di kaki Gunung Gede Pangrango, Sukabumi, cocok untuk kemping ramai-ramai. Nah, untuk menjaga kelestarian alam, sesekali traveler bisa kemping sambil bersih-bersih di Situ Gunung. Asyik juga lho!

Situ Gunung adalah danau di Kabupaten Sukabumi, tepatnya di daerah Kadudampit. Ketinggiannya yang mencapai 970 mdpl menjadikan Situ Gunung memiliki udara yang sejuk dengan keindahan alam yang menawan.

Saya bersama teman-teman pecinta alam dari Bekasi yang bernama Jejak Semalam berkesempatan untuk mengunjungi Situ Gunung. Tidak hanya sekedar berkunjung namun juga mendirikan tenda untuk berkemah.

Kami berangkat bersama dari Kampung Rambutan menggunakan bus yang sudah disewa. Setibanya di Situ Gunung, salah satu dari kami segera mengurus tiket masuk dan izin kemping.

Kami kemudian berjalan selama 2 jam menuju area kemping yang letaknya dekat dengan Curug Sawer. Sesampainya di sana, kami langsung mendirikan tenda untuk beristirahat.

Malam harinya kami makan malam bersama. Walau baru kenal, kami langsung akrab. Paginya kami menuju Curug Sawer dengan berjalan kaki sekitar 5 menit. Curug sawer tidaklah tinggi namun debit airnya sangat besar.

Pagi itu sudah banyak orang yang berada di curug, umumnya pada muda mudi dan anak sekolah yang sedang berlibur. Banyaknya wisatawan yang datang menimbulkan satu masalah yaitu sampah. Tampak banyak sampah yang berserakan di sekitar curug.

Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk memungut sampah-sampah tersebut. Kami sudah siap dengan plastik sampah berukuran besar untuk memasukkan sampah.

Puas main dan bersih-bersih di Curug Sawer, kami pun kembali ke area kemping dan segera membereskan tenda. Kemudian melanjutkan perjalanan ke danau yang biasa disebut Situ Gunung.

Kamilagi menikmati pemandangan sekaligus bersih-bersih. Sama seperti di curug tadi, di sini juga banyak sampah yang berserakan sisa makan. Totalnya ada 3 plastik sampah yang kami penuhi hari itu.

Setelah puas menikmati pemandangan, berfoto dan bersih-bersih, kami pun beranjak kembali ke pintu masuk dan melaporkan hasil kegiatan kepada petugas.

Senyum puas nampak dari wajah sang petugas melihat hasil kerja kami, kaum muda yang ingin menjaga alam tetap lestari dan bersih.