Wisata Flores, Menjelajah Gunung Hingga Bawah Laut

Wisata Flores, Menjelajah Gunung Hingga Bawah Laut

Wisata Flores, Menjelajah Gunung Hingga Bawah Laut

Flores adalah tempat yang indah ketika anda berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Banyak tempat yang bisa dijadikan tujuan wisata anda di Flores, anda bisa menemukan pantai dengan pasir putih, hitam sampai pink dengan warna air yang sangat jernih dihiasi latar belakang pegunungan yang sangat indah.

Anda bisa mengunjungi pulau pulau disekitar flores dan berenang, snorkeling hingga menyelam untuk melihat ikan pari manta, lumba-lumba dan pada waktu tertentu anda akan melihat paus yang bermigrasi melalui pantai timur Flores. Lihatlah sebuah hewan kadal yang berukuran besar yang hanya bisa ditemukan di Flores yaitu Komodo.

Apa Saja Tempat Wisata di Flores

Pulau dan Pantai di Flores

Berenang, snorkeling, menyelam hingga bersantai di pantai adalah kegiatan yang menyenangkan untuk anda. Air laut yang jernih, pantai pasir putih dan pink dengan latar belakang pegunungan yang indah menghiasi Pulau Flores.

Di Labuan Bajo (Flores Barat) anda bisa mengunjungi pulau kanawa, pulau bidadari, pulau kukusan kecil dan pulau serayu. Semuanya dapat dijangkau dengan menggunakan transportasi laut. Jangan lupa untuk mengunjungi pulau Komodo dimana terdapat pantai dengan pasir berwarna pink.

Di sekitar Maumere (Flores Timur) ada juga pulau yang tidak kalah cantik seperti Pulau Sukun, Pulau Palue, Pulau Pemana dan Pulau Pangabatang.

Di utara Bajawa, tepatnya di kecamatan riung terdapat pulau-pulau yang pantainya berpasir putih, air laut yang jernih dan terumbu karang yang menakjubkan atau dikenal dengan nama taman laut 17 Pulau Riung.

Pulau-pulau tersebut antara lain : Pulau Wire, Sui, Taor, Tembaga, Tiga (pulau panjang), Bampa, Meja, Rutong, Patta, Halima (pulau nani), Besar, Lainjawa, Kolong, Dua, Ontole (terbesar), Borong, dan Pulau Pau.

Taman Nasional Kelimutu

Taman Nasional Kelimutu merupakan wisata yang paling populer di Flores selain Pulau Komodo, objek wisata yang paling terkenal di Taman Nasional Kelimutu adalah tiga danau yang berada di puncak gunung Kelimutu. Tiga danau ini dikenal dengan nama Danau Kelimutu. Ada keunikan tersendiri tentang danau ini, danau ini memiliki tiga warna yang berbeda dan selalu berubah.

Selain berenang, menyelam, snorkeling, ataupun berkunjung ke Taman Nasional Kelimutu anda juga bisa mengunjungi goa tempat ditemukannya manusia pra sejarah di Flores yaitu Gua Liang Bua, berwisata tidak hanya menikmati keindahan alam, flora dan faunanya saja. Kunjungi juga wisata budaya lokal setempat, atraksi yang paling terkenal adalah Caci, yaitu pertempuran menggunakan cambuk dan tameng.

Cara Menuju Flores

Cara menuju flores ini dikumpulkan dari berbagai sumber. Flores meliputi enam kabupaten, yakni Manggarai, Ngadha, Ende, Sikka, Flores Timur, dan Lembata. Dari Jakarta anda bisa menggunakan maskapai penerbangan yang melayani rute ke Jakarta-Ende, Jakarta-Labuan Bajo, dan Jakarta- Maumere.

Jika menggunakan jalur darat dari Jakarta ke Flores anda bisa menggunakan Bus langsung ke Bima (Sumbawa), kemudian dilanjutkan menggunakan transportasi laut yang melayani ke berbagai kota di Flores. Jika dari Bali anda bisa menggunakan maskapai yang melayani penerbangan ke Labuan Bajo.