Cara Melihat Peluang dan Memulai Bisnis Rental Mobil

Cara Melihat Peluang dan Memulai Bisnis Rental Mobil



Peluang bisnis rental mobil terbuka lebar bagi Anda yang memang berminat dan mau menjalaninya. Mobilitas masyarakat sangat meningkat, mereka ingin mendapatkan kemudahan dalam bepergian. Namun tentu tidak semuanya memiliki kendaraan mobil. Di situlah ada peluang usaha rental mobil. Lalu bagaimana merealisasikan bisnis rental mobil yang sesungguhnya? Apa saja tips-tipsnya? Simak artikel berikut.
Bisnis rental tanpa harus punya mobil

Bisnis rental mobil tanpa harus punya mobil caranya lewat kredit mobil. Misalnya saja Anda mengambil harga sebuah mobil Toyota Avanza baru seharga Rp. 160 juta rupiah, dengan uang muka Rp. 50juta dan cicilan Rp. 3 juta/bulan. Anda bisa mengandalkan membayar kredit tersebut dari hasil usaha rental yang didapatkan. Misalkan saja dalam sehari penghasilan rental Rp. 300ribu, maka Anda hanya perlu waktu 10 hari menyewakan mobil Anda. Sisanya bisa Anda gunakan sehari-hari atau rentalkan saja untuk membayar tagihan bulan depan atau untuk membeli mobil lain untuk pengembangan usaha rental Anda.

Mengajak rekan yang punya mobil tak terpakai juga bisa jadi solusi untuk Anda pemula dalam memulai bisnis ini. Tawarkanlah bagi hasil kepada rekan Anda.  Jadi Anda tidak perlu memiliki banyak mobil, bisnis rental Anda juga sudah bisa berjalan, bukan?
Memelihara mobil rental

Mobil yang Anda pilih sebagai mobil rental baiknya adalah mobil yang pemeliharaannya mudah dan murah. Jangan memilih mobil yang suku cadangnya langka dan sulit ditemukan. Karena sekali mobil tersebut rusak, mobil itu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, Anda bisa mengajak kerja sama pihak bengkel supaya mudah dalam melakukan perawatan mobil.
Fasilitas tambahan

Untuk menjaring lebih banyak pelanggan, Anda bisa menambahkan fasilitas di dalam mobil yang disewakan. seperti TV, AC, dan lainnya. Bila armada sudah cukup banyak, variasikanlah harga rental mobil Anda. Maksudnya mulai dari kelas ekonomi dengan harga terjangkau sampai kelas eksekutif dengan pelayanan yang serba mewah.

Khusus masalah harga, tawarkanlah harga bersaing kepada pelanggan Anda. Namun terlebih dahulu Anda harus mensurvey berapa harga rental mobil di sekitar tempat Anda. Buatlah program promosi bagi pelanggan setia. Misalnya, mereka yang telah menggunakan jasa rental Anda minimal 10 kali dapat diskon 50%. Atau pelanggan yang membawa (merekomendasikan) temannya untuk menggunakan jasa rental Anda, dapat diskon 50%.
Kualitas sopir mobil

Kualitas sopir mobil menjadi kunci dalam bisnis rental ini. Merekalah ujung tombak dalam servis yang Anda berikan kepada pelanggan. Maka Anda harus cermat dalam memilih supir. Sediakan supir yang sudah pengalaman dan hafal rute jalan. Yang juga menjadi hal penting, pilihlah supir yang ramah dan sopan agar pelanggan semakin puas terhadap pelayanan yang Anda berikan.
Promosi bisnis rental mobil

Uang Anda terbatas untuk memasang iklan di media cetak dan elektronik? Jangan khawatir, sekarang ada media yang dapat menjangkau banyak orang dengan biaya yang sedikit, yaitu media Internet. Manfaatkanlah fasilitas website, social media, atau blog yang bisa Anda akses tanpa membayar. Kalau ingin lebih maksimal lagi dalam menggunakan internet untuk promosi, Anda harus bekerja sama dengan  penyedia jasa periklanan digital.