Ciaz, Sedan Premium Suzuki Ini Dibanderol Rp 291 Juta

Ciaz, Sedan Premium Suzuki Ini Dibanderol Rp 291 Juta



#rentalmobilnabil Lama tak memproduksi sedan, pabrikan mobil Suzuki kini merilis sedan kelas premium. Melihat spesifikasi yang termasuk kelas luxurious, harga sedan ini terbilang cukup murah. Ciaz, sedan mid-size ini, dibanderol Rp 291 juta untuk transmisi manual dan Rp 302 juta untuk otomatis di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sedan Ciaz diklaim sangat irit dibandingkan sejenisnya. Mengusung mesin 1.4 L membuat konsumsi bahan bakarnya sangat irit. "Ini sedan yang sama sekali baru, bukan turunan dari sedan sebelumnya," kata Ichwan Ronaldo, Territory Sale Manager PT Suzuki Indomobile Sales, Senin, 23 November 2015.

Ciaz mengusung mesin 1.4L K14B dan transmisi 4AT/5MT (transmisi otomatis (A/T) dengan empat percepatan (4AT) dan manual (M/T) lima percepatan. Bobot yang ringan, bodi yang sangat rigid, dengan performa aerodinamis sangat baik (nilai Cd 0.299). Dengan mesin ini, Ciaz diklaim sangat irit bahan bakar. Bahkan per 1 liter bahan bakar bisa mencapai 20 kilometer.

Suspensi disetel secara khusus agar dapat memberikan keseimbangan pengendalian responsif dan akurat. Ini akan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan menyenangkan seperti berada dalam mobil kelas di atasnya.


Sisi interiornya, menurut Ichwan, mencerminkan tampilan sporty dan elegan. Susunan warna two-tone hitam/abu-abu tua, yang diawali pada panel instrumen dan menyebar ke bagian luar ke arah kiri dan kanan kendaraan, semakin membuat betah mengemudi.

Interiornya menggabungkan warna silver dan ornamen chrome sehingga menimbulkan rasa keterbukaan dan elegan. Jok kursi memiliki tekstur dan cita rasa yang sangat baik dan nyaman untuk diduduki, serta memiliki pegangan yang baik.

Ruang interior dirancang untuk memberikan rasa leluasa bagi penumpang dan kenikmatan akan mengemudi yang nyaman. Dengan panjang jarak sumbu roda/wheelbase 2,650 milimeter dan tata letak yang dioptimalkan menjadikan ruang luas yang berkelas.

Secara khusus, jok kursi belakang menawarkan banyak ruang dalam hal lebar kabin, head room, dan leg room, seperti nearly flat floor. Dengan demikian, tiga orang dewasa dapat duduk di belakang dengan ruang yang lega. Bagasi memiliki kapasitas yang luas, yakni 495 liter, dan dapat dibuka lebar sehingga mudah untuk memasukkan dan mengeluarkan barang bawaan di bagasi.

"Kendaraan ini juga memiliki banyak fitur canggih, sehingga mudah untuk berkendara yang nyaman dan menyenangkan, seperti sistem audio CD dengan fungsi hands-free telephone, keyless push start system, dan automatic air-conditioning," ujar Ichwan.

Sedan Ciaz tersedia dalam tiga pilihan warna, super black pearl, snow white pearl, dan star silver metallic. Namun kelas mesinnya sama.

Hendra Kurniawan, Presiden Direktur PT Sumber Baru Mobil, mengatakan Ciaz dilengkapi dengan fitur keselamatan, seperti dual airbag, ABS, sabuk pengaman depan dengan pretensioner, dan kekuatan pembatas. Dengan memproduksi Ciaz, kata Hendra, Suzuki berharap bisa mengambil ceruk Honda City dan Toyota Vios yang lama belum mengeluarkan varian baru.