Fakta-Fakta Menarik Dari All New Kijang Innova

Fakta-Fakta Menarik Dari All New Kijang Innova



All new Kijang Innova diluncurkan hari ini, di Hotel Fairmont (23/11). Peluncuran ini sekaligus menandai debut dunia atau world debut All new Kijang Innova. Sebagai penerus generasi Kijang di Indonesia tentu All new Kijang Innova punya benang merah dengan pendahulunya. Namun selain punya benang merah, produk ini juga merupakan lompatan besar dari generasi sebelumnya.

Kami sudah mengulas tentang seluk beluk All new Kijang Innova. Anda pun masih bisa menikmatinya di laman www.sewarentalmobil.com. Melengkapi berita all new Kijang Innova, inilah hal-hal yang perlu ketahui dari All new Kijang Innova.

Desain dan Rekayasa All new Kijang Innova

All new Innova adalah bagian dari proyek IMV (Innovative International Multi-Purpose Vehicle), dan menjadi bagian tidak terpisahkan dengan Toyota Hilux dan Toyota Fortuner terbaru. Nah, jika kita bandingkan dengan Innova lama, frame milik All new Kijang Innova lebih besar, dan lebih rigid. “Tujuannya agar stabilitas lebih baik,” ucap Hiroki Nakajima, Executive Chief Enginer IMV, sekaligus Managing Director Toyota Motor Corp kepada www.sewarentalmobil.com di Jepang.

“Konsepnya tough atau tangguh. Lebih besar, lebih bertenaga dan bertorsi sehingga All new Kijang Innova tidak lagi sebagai MPV biasa, melainkan Multi Performance Vehicle. Inilah yang harus disampaikan oleh desain Innova,” paparnya menjelaskan.

Masih dari segi desain, All new Kijang Innova menggunakan grille besar. Anda bisa melihat jejak Altis dan Camry di sini. Grille heksagonal itu dibelah oleh dua bilah krom yang mengalir hingga lampu utama. Grille juga diapit oleh Daytime Running Light LED. Uniknya, lampu sein dipindahkan dari sisi lampu utama ke sisi lampu kabut yang berada di bagian bawah grille.

Jika Anda melihat dari arah depan, desain All new Kijang Innova lebih mirip sebuah crossover. Apalagi tipe Q yang memakai velg berukuran 17 inci. Jika dilihat dari samping, maka bentuk mengotak masih mendominasi. Di bagian belakang, juga tidak sedramatis tampilan depannya.

Absorber lebih besar dan lebih tinggi. Begitu pula per-per yang dipakainya. “Banyak penyempurnaan di sektor suspensi,” ucap salah satu ahli teknik Toyota yang kami jumpai di Jepang beberapa waktu lalu. “Ini agar penumpang lebih nyaman,” tambahnya.

Interior All new Kijang Innova

“All new Innova lebih luas dari pendahulunya. Juga lebih lebar. Sehingga penumpang akan lebih releks,” jelas Nakajima soal interiol All new Kijang Innova. Inia da benarnya. Setelah kami melihatnya secara langsung, interior all new kijang innova lebih mewah. Mengadopsi warna dual tone, diberi aksen alumunium dan panel kayu, jok kulit dan captain seat, jelas All new Kijang Innova lebih mewah dari sebelumnya.

AC yang dipakainya sudah dual-zone climate control, kabin di beri LED mood light, cooled glove box, dan power window. Head unit canggih, hingga ac double blower.


DImensi All new Kijang Innova

All new Kijang Innova memiliki panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm. Ini artinya All new Kijang Innova lebih panjang 180 mm, lebih lebar 60 mm dan lebih tinggi 45 mm dari model sebelumnya. Sumbu rodanya tetap sama, yakni 2.750 mm.

Mesin All new Kijang Innova

All new Kijang Innova memakai mesin bensin bertipe 1 TR-FE empat silinder segaris, 16 valve DOHC dengan dual VVT-i. Kapasitas mesinnya 1.998 cc, dengan tenaga 139 PS pada 5.600 rpm. Torsi maksimalnya 18,7 kgm pada 4.000 rpm.

Sementara mesin dieselnya memakai mesin baru, yakni 2 GD FTV 4 silinder segaris 16 valve DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin baru ini lebih bertenaga dari mesin diesel KD yang lama. Tenaga mesin barunya mencapai 147 bhp, naik 45 bhp dari mesin KD. Torsinya 36,7 Kgm, sementara manual 34,9 kgm.

Kedua mesin itu dipadankan dengan transmisi manual lima percepatan, dan otomatis enam percepatan.

Fitur Keselamatan dan Keamanan All new Kijang Innova

All new Kijang Innova sudah sudah dilengkapi dengan sistem anti maing mulai dari Alarm pada tipe terendah hingga Alarm + Immobilizer untuk tipe tertinggi. Isofix, ABS & ABD, SRS Airbag, kontrol stabilitas (VSC + HAC) hingga Hill-start assist juga dibenamkan di mobil ini.

Semua fitur-fitur tersebut membuat All new Kijang Innova menjadi tawaran yang mungkin terlalu menarik untuk ditolak. Keberadaan fitur-fitur tersebut di atas itu pula yang membuat Toyota meningkatkan harga jualnya. Apakah sepadan? Tentu tergantung pada kebutuhan Anda.